PENGARUH PERGILIRAN PAKAN KANDUNGAN PROTEIN BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN, SINTASAN DAN PRODUKSI UDANG VANAME ( Litopenaeus vannamei ) SEMI-INTENSIF

Abdul Mansyur, Hidayat Suryanto Suwoyo

Abstract


Riset ini bertujuan untuk pemantapan data dan informasi tentang pengaruh pergiliran pakan terhadap pertumbuhan, sintasan, rasio konversi pakan, dan produksi udang vaname (L. vannamei). Wadah yang digunakan adalah tambak ukuran 4.000 m2 sebanyak 6 petak. Hewan uji adalah udang vaname ditebar dengan kepadatan 25 ekor/m2. Perlakuan yang diujikan adalah pergiliran pakan dengan kandungan protein berbeda yaitu (A) Dua hari pakan protein rendah (28%) digilir dengan pakan protein tinggi (37%-39%) (B) pakan protein rendah, dan (C) pakan protein tinggi. Penelitian diset menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan dua ulangan. Lama pemeliharan 112 hari, udang diberi pakan dosis 100%-2% dari total bobot biomassa/hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergiliran pakan dengan protein pakan yang berbeda secara periodik tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan, sintasan, dan produksi udang vaname. Penghematan penggunaan pakan untuk udang vaname dapat dilakukan dengan cara pergiliran pakan dua hari pakan protein rendah (28%) digilir dengan pakan protein tinggi (37%-39%) yang mampu meningkatkan efisiensi pakan sekitar 8,33%-19,07% dibandingkan perlakuan kontrol atau sekitar 85,59% dengan nilai rasio konversi pakan yang rendah 1,25; laju pertumbuhan 8,67% dan produksi 627 kg/ 4.000 m2. Kisaran parameter kualitas air selama pemeliharaan masih berada pada kisaran yang dapat ditoleransi udang vaname meskipun kadar salinitas sempat mencapai 53 ppt dan pH 9,5. Kelimpahan plankton rata-rata 835 ind./L dan jumlah genus 26 genera. Plankton yang tumbuh dapat berfungsi sebagai pakan substitusi dalam perlakuan pergiliran pakan pada budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei) pola semi-intensif di tambak.


Keywords


pergiliran pakan; udang vaname; produksi; tambak semi-intensif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats