KERAGAMAN PLANKTON PADA BUDIDAYA UDANG VANAME ( Litopenaeus vannamei ) POLA SEMI-INTENSIF DENGAN PERGILIRAN PAKAN PROTEIN BERBEDA

Machluddin Amin, Abdul Mansyur

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui keragaman plankton pada budidaya udang vaname, Litopenaeus vannamei dengan pergiliran pakan protein berbeda dalam pola semi-intensif. Penelitian dilakukan di tambak percobaan Punaga Takalar, menggunakan enam petak tambak pembesaran udang vaname, masing-masing berukuran 4.000 m2. Hewan uji yang digunakan adalah pasca larva udang vaname dengan bobot awal rata-rata 0,001 g yang ditebar dengan kepadatan 25 ind./m2. Penelitian diset dalam rancangan acak lengkap dengan tiga perlakuan, masing-masing dua ulangan. Perlakuan yang diujicobakan adalah pergiliran pakan (A) 70% protein rendah + 30% protein tinggi; (B) 100% protein rendah; dan (C) 100% protein tinggi. Sampling plankton dilakukan sebanyak lima kali menggunakan plankton net nomor 25, kemudian diawetkan dengan larutan Lugol (1%). Identifikasi plankton menggunakan alat bantu berupa mikroskop yang berpedoman pada buku identifikasi plankton dan perhitungannya berdasarkan metode counting cell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelimpahan plankton rata-rata 835 ind./L dan jumlah genus 26 genera. Berdasarkan indeks keragaman, keseragaman, dan dominansi maka komunitas plankton tergolong ke dalam kondisi stabil moderat, keberadaan/kepadatan plankton dalam keadaan merata dan tidak terjadi dominansi antar genus di masing-masing petakan tambak.


Keywords


plankton, keragaman; pergiliran pakan; semi-intensif; tambak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats