PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PRODUKSI BENIH GURAME MELALUI PENGGUNAAN EKSTRAK DAUN SENTE ( Alocasia macrorrhiza ) DALAM PAKAN INDUK

M. Sulhi, Reza Samsudin, Jojo Subagja, Hendra Hendra

Abstract


Pemberian pakan yang berkualitas baik akan buatan dan hijauan pada tahapan produksi telur gurame merupakan suatu hal penting. Percobaan telah dilakukan dikolam pembudidaya wilayah Bogor dengan tujuan adalah untuk mendapatkan informasi tentang teknologi pakan induk gurame menggunakan ekstrak daun sente untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produksi benih gurame. Ikan gurame yang digunakan adalah gurame strain bastar dengan ukuran 2,5-3 Kg/ekor. Perlakuan yang diamati yaitu pengaruh ekstrak daun sente dalam pakan formulasi (30-32% kandungan protein) dengan 0% ekstrak sente (A); 2% ekstrak sente (B); 4% ekstrak sente (C); 6% ekstrak sente (D). Parameter yang diamati kegiatan antara lain meliputi fekunditas, interval pemijahan, derajat tetas, sintasan larva dan benih. dan kualitas air. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap. Hasil pengamatan menunjukkan penggunaan ekstrak daun sente dalam formulasi pakan induk gurame dengan level yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap fekunditas dan intensitas pemijahan.


Keywords


Induk gurame; ekstrak sente; pakan induk

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats