PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI BERBEDA TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN DAN SINTASAN BENIH IKAN LELE ( Clarias gariepinus )

Rommy Suprapto, Bambang Iswanto, Imron Imron

Abstract


Optimalisasi penggunaan pakan alami dalam kegiatan pembenihan ikan lele Afrika perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas benih yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan sintasan benih ikan lele Clarias gariepinus yang diberi pakan alami berbeda. Pakan alami yang diberikan adalah kutu air hidup (A), kutu air beku (B), Tubifex sp. segar (C), Tubifex sp. beku (D), nauplii Artemia sp. (E), kista Artemia sp. yang telah didekapsulasi (F), dan larva Chironomus sp. beku (G). Pakan alami diberikan 6 kali sehari setiap 3 jam sekali. Lama pemeliharaan larva selama 21 hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa pakan alami terbaik untuk benih ikan lele adalah Tubifex sp. segar. Pertambahan bobot dan panjang terbaik diperoleh pada perlakuan Tubifex sp. segar (C) yaitu sebesar 0,14 g dan 1,81 cm. Laju pertumbuhan spesifik harian terbaik terdapat pada larva yang diberikan pakan alami Tubifex sp. segar (C) yaitu sebesar 19,06% bobot/hari. Sintasan tertinggi diperoleh oleh perlakuan kista Artemia didekapsulasi (F) yaitu sebesar 69,85%.


Keywords


pakan alami; pertumbuhan; sintasan; ikan lele Clarias gariepinus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats