UJI APLIKASI VAKSIN BAKTERI VIBRIO POLIVALEN PADA BENIH KERAPU MACAN ( Epinephelus fuscoguttatus ) DI KERAMBA JARING APUNG

Zafran Zafran, Des Roza, Fris Johnny

Abstract


Suatu penelitian untuk mengetahui efektivitas vaksin bakteri Vibrio polivalen dalam meningkatkan kekebalan spesifik ikan kerapu terhadap vibriosis telah dilakukan terhadap benih ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) di keramba jaring apung (KJA). Penelitian dilakukan di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Vaksin Vibrio polivalen dibuat dengan mencampurkan 3 spesies Vibrio (Vibrio harveyi, Vibrio alginolyticus, dan Vibrio parahaemolyticus) dengan perbandingan 1:1:1 dan kepadatan 1010 CFU/mL. Vaksin diberikan pada benih di hatcheri melalui perendaman selama 1 jam dengan konsentrasi 1 mL vaksin/L air laut dan diikuti dengan booster 1 minggu kemudian. Sebagai kontrol adalah perendaman ikan dalam air laut. Vaksinasi ulang diberikan setelah ikan ditebar di KJA 60 hari dan 120 hari pasca vaksinasi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan kerapu macan memberikan respons positif terhadap vaksin bakteri polivalen yang diberikan melalui perendaman. Nilai titer antibodi dan sintasan ikan yang diberi perlakuan vaksinasi lebih tinggi dibanding kontrol. Nilai titer antibodi ikan yang divaksin mencapai 1/128 pada akhir penelitian dibanding kontrol yang hanya 1/4. Sedangkan sintasan pada kelompok vaksinasi adalah 77,11% dibanding kontrol yang hanya 44,56% dengan nilai RPS 57,95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa vaksin bakteri polivalen bersifat imunogenik pada ikan kerapu dan mampu memberikan perlindungan terhadap vibriosis.


Keywords


polivalen bakteri vibrio; kerapu; imunitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats