UJI MULTILOKASI VAKSIN Aeromonas hydrophila UNTUK PENCEGAHAN PENYAKIT MOTILE AEROMONAS SEPTICEMIA PADA IKAN MAS, Cyprinus carpio

Tuti Sumiati, Muhammad Hunaina Fariduddin Ath-thar, Angela Mariana Lusiastuti

Abstract


Aeromonas hydrophila berperan sebagai microbial flora pada kondisi lingkungan perairan yang stabil, tetapi pada lingkungan perairan yang tidak terkontrol A. hydrophila merupakan agen infeksi primer, sekunder, dan patogen oportunistik dari berbagai hewan akuatik. Karena memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi pada lingkungan akuatik, bakteri ini mempunyai sebaran yang luas dan dapat hidup di perairan tawar, payau, dan laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas vaksin Aeromonas hydrophila pada ikan mas (Cyprinus carpio) di beberapa lokasi yaitu: Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Efektivitas vaksin dihitung dari nilai mortalitas kumulatif, sintasan, dan biomassa ikan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kelompok ikan mas yang divaksin mempunyai nilai mortalitas kumulatif relatif lebih rendah, dan tingkat sintasan, serta produksi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok ikan yang tidak divaksin di semua lokasi penelitian di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Vaksin Aeromonas hydrophila dapat memberikan proteksi berdasarkan uji multi lokasi terhadap kemungkinan infeksi dari A. hydrophila strain yang lain.


Keywords


Uji multi lokasi; Vaksin Aeromonas hydrophila; Cyprinus carpio

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats