PENGEMBANGAN VAKSIN EXTRACELLULAR PRODUCT (ECP) Mycobacterium Fortuitum MELALUI APLIKASI RENDAMAN UNTUK MENCEGAH PENYAKIT MIKOBAKTERIOSIS PADA IKAN GURAME, Osphronemus gouramy

Uni Purwaningsih, Gesti Laras Kanita, Rofi Grandiosa, Desy Sugiani

Abstract


Mycobacteriosis pada ikan merupakan penyakit kronis yang kadang-kadang tidak menunjukkan gejala klinis pada ikan yang terinfeksi. Penggunaan antibiotik dan bahan kimia dalam pengendalian dan pengobatan penyakit ini belum memberikan hasil yang memuaskan, sehingga diharapkan  vaksinasi dapat menjadi solusi alternatif yang efektif, efisien dan ramah lingkungan untuk mencegah penyakit ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi vaksin Mycobacterium fortuitum sediaan extracellular product (ECP) yang diaplikasikan melalui rendaman dengan variasi dosis yang berbeda untuk mencegah penyakit mycobacteriosis pada ikan gurame. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ECP yang paling tinggi mampu menginduksi respon kekebalan spesifik ikan gurame.Hal ini ditunjukkan dengan nilai titer antibodi, differensial leukosit dan indek fagositit yang lebih tinggi pada kelompok perlakuan daripada kontrol.  Perlakuan yng paling baik menunjukkan rata – rata tingkat sintasansebesar 95,56% dan tingkat sintasan relatif sebesar 80,02%.


Keywords


Mycobacteriosis; gurame; vaksin; extracellular product (ECP)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats