EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK BUDIDAYA RUMPUT LAUT ( Kappaphycus alvarezii ) DI KAWASAN PESISIR KABUPATEN POHUWATO PROVINSI GORONTALO

Rezki Antoni Suhaimi, Makmur Makmur, Akhmad Mustafa

Abstract


Pengkajian mengenai potensi suatu wilayah, khususnya wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil diperlukan dalam sebuah perencanaan untuk pemanfaatan potensi sumberdaya yang ada dapat lebih terarah. Pemilihan lokasi yang tepat merupakan langkah penting untuk memastikan keberlangsungan kegiatan budidaya yang berwawasan lingkungan. Penelitian dilaksanakan di perairan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, pada bulan Mei 2011. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar bagi pengembangan dan pembangunan berbasiskan kelautan dan perikanan, terutama rumput laut, serta analisis kesesuaian lahan yang diperuntukkan bagi pengembangan budidaya rumput laut (Kappaphycus alvarezii) di perairan pesisir Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang diaplikasikan adalah metode survai berdasarkan sistem informasi geografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kualitas perairan (fisik, kimia) masih dalam kisaran yang baik. Analisis SIG melalui pembobotan, skoring, dan overlay menunjukkan area dengan luas total 93.697,42 ha; memiliki lahan pengembangan untuk budidaya rumput laut yang tergolong kelas S1 (sangat sesuai) seluas 11.821,11 ha atau 12,62%; kelas S2 (sesuai) seluas 14.112,11 ha atau 15,06%; dan sisanya seluas 67.764,20 berada pada kelas N (tidak sesuai) atau 72,32%.


Keywords


kesesuaian; budidaya; Kappaphycus alvarezii; Kabupaten Pohuwato

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats