UJI MULTILOKASI PEMELIHARAAN IKAN PATIN HIBRIDA NASUTUS (PERSILANGAN BETINA SIAM DENGAN JANTAN NASUTUS) DI BERBAGAI EKOSISTEM BUDIDAYA

Evi Tahapari, Sularto Sularto, Ika Nurlaela

Abstract


Ikan patin hibrida nasutus merupakan ikan hasil persilangan antara betina patin siam (Pangasianodon hypophthalmus) dengan jantan patin nasutus (Pangasius nasutus). Berdasarkan pengamatan ikan patin hibrida nasutus berdaging putih dan memperlihatkan keragaan pertumbuhan yang baik pada fase pembenihan sehingga berpotensi sebagai komoditas ikan budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaan pertambahan bobot, panjang, konversi pakan dan sintasan ikan patin hibrida nasutus yang dipelihara diberbagai ekosistem budidaya. Lokasi budidaya yang digunakan pada pembesaran ini adalah daerah dataran tinggi (>400 dpl) yaitu KJA Waduk Darma (Kuningan) dan dataran rendah yaitu Kolam Air Tenang (KAT) Sukamandi dan Tambak bersalinitas rendah (<10 ppt). Tiga jenis ikan patin digunakan sebagai pembanding pada setiap lokasi pemeliharaan yaitu; patin siam, patin jambal dan patin pasupati. Pakan uji yang digunakan adalah pakan komersial dalam bentuk pellet dengan kandungan protein kasar 30-32%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeliharaan ikan yang dilakukan  diberbagai ekosistem budidaya memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05%) terhadap pertambahan bobot, panjang, laju pertumbuhan spesifik dan sintasan. Patin hibrida nasutus yang dipelihara di Kolam air tawar selama 5 bulan memberikan pertambahan bobot tertinggi dibanding yang dipelihara di tambak maupun di karamba jaring apung (KJA) dataran tinggi. Pemeliharaan ikan patin di tambak dilakukan selama 4 bulan karena salinitas air yang terus semakin tinggi (>10 ppt) dan pH >9 yang mengakibatkan kematian pada ikan jambal dan berakibat pada penurunan selera makan ikan uji.

Keywords


uji multilokasi; pemeliharaan; hibrida; ekosistem budidaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats