PERFORMANSI PERTUMBUHAN DAN ESTIMASI NILAI HERITABILITAS POPULASI ANAKAN IKAN PATIN SIAM UMUR LIMA BULAN HASIL PEMIJAHAN INDUK F0

Wahyu Pamungkas, Imron Imron, Ika Nurlaela, Jadmiko Darmawan

Abstract


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui performa pertumbuhan, nilai keragaman dan estimasi nilai heritabilitas populasi anakan ikan patin siam (F1) umur lima bulan dari induk-induk F0 yang dipijahkan. Induk-induk ikan patin siam yang dipijahkan berasal dari populasi yang ada di BPPI Sukamandi, 1 induk betina dipijahkan dengan 3 jantan, dan diperoleh 9 famili. Terhadap populasi anakan yang dihasilkan dilakukan pengamatan pada  performa pertumbuhan, koefisien variasi dan estimasi heritabilitas berdasarkan komponen keragaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa populasi anakan ikan patin siam (F1) pada 9 famili yang terbentuk mempunyai rata-rata panjang total 11,96–13,68 cm, panjang standar 9,72–11,14 cm dan bobot badan 16.38–22,38 g. Nilai ragam antar individu dalam kelompok anak adalah 34.818 sedangkan ragam antar rata-rata kelompok anak dalam famili adalah 2.700. Estimasi nilai heritabilitas yang diperoleh berdasarkan komponen ragam adalah 0,29±0,194 pada umur 5 bulan.


Keywords


estimasi heritabilitas; komponen ragam; patin siam; performa pertumbuhan; populasi anakan (F1)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats