REGENERASI MIKROPLANTET Kappaphycus alvarezii PADA MEDIA PES 1/20 YANG DIPERKAYA DENGAN INDOL ACETIC ACID (IAA), ZEATIN DAN KINETIN

Emma Suryati, Siti Fadilah, Mujayana Mujayana

Abstract


Pemeliharaan mikroplantet Kappaphycus alvarezii yang dihasilkan dari induksi kalus pada media cair, dapat beregenerasi dan berkembang menjadi anakan rumput laut melalui pemeliharaan pada media PES 1/20 yang diperkaya dengan zat perangsang tumbuh (ZPT) dari kelompok auxin yaitu IAA (Indol Acetic Acid) dengan konsentrasi 0,5 mg/L; 1,0 mg/L; dan 1,5 mg/L sebagai perlakuan, ditambah dengan Zeatin dan Kinetin dengan konsentrasi masing-masing 0,5 mg/L. Wadah yang digunakan adalah multi well plate 24 lubang, setiap lubang berisi 2 mL media tumbuh serta 5 buah eksplan rumput laut yang telah disterilkan. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan tiga perlakuan dan lima kali ulangan. Tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui bagian talus yang paling baik, metode sterilisasi, penetrasi cahaya, serta komposisi ZPT yang optimal pada pemeliharaan dan regenerasi mikroplantet rumput laut K. alvarezii. Hasil penelitian memperlihatkan sintasan eksplan yang paling baik adalah talus pada bagian ujung, sterilisasi menggunakan kombinasi betadin, detergen dan campuran antibiotik, dengan penetrasi cahaya pada 1.500 lux. Media yang digunakan adalah air laut steril dengan pupuk PES 1/20 yang diperkaya dengan IAA : zeatin : kinetin dengan perbandingan 1:0,5:0,5 mg/L. Formasi talus terjadi setelah pemeliharaan 3-4 minggu, sedangkan perkembangan tunas dan formasi cabang terjadi setelah pemeliharaan 8 minggu.


Keywords


regenerasi; mikroplantet; K. alvarezii; IAA; kinetin; zeatin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats