PERBAIKAN PERFORMANSI RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii PADA BAK PENAMPUNGAN INDUK UNTUK KULTUR JARINGAN MELALUI PENAMBAHAN PUPUK ORGANIK

Siti Fadilah, Emma Suryati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan pupuk organik dan frekuensi waktu pergantian media terhadap performansi talus rumput laut Kappaphycus alvarezii. Penelitian dilaksanakan di Green house dan Laboratorium Bioteknologi, Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau, Maros, Sulawesi Selatan. Penelitian dirancang dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan dua aspek yaitu konsentrasi pupuk organik cair yang terdiri atas empat taraf, yaitu 0 mg/L; 5 mg/L; 10 mg/L; dan 15 mg/L; dan frekuensi pergantian media yang terdiri atas tiga taraf, yaitu setiap 1 minggu, 2 minggu, dan 3 minggu. Stoples dengan air laut bersalinitas 30 ppt sebanyak 2 L digunakan sebagai media tumbuh. Rumput laut basah ditimbang 50 g sebagai bobot awal. Performansi talus diamati berdasarkan bobot dan kandungan pigmen. Setiap pergantian media dilakukan penimbangan bobot dan di pengamatan akhir kandungan pigmen diukur. Hasil pengamatan memperlihatkan bahwa konsentrasi pupuk organik dan frekuensi waktu pergantian mempengaruhi warna talus. Konsentrasi pupuk organik mempengaruhi bobot dan kandungan pigmen mulai dari penambahan 5 mg/L. Bobot dan kandungan pigmen tertinggi terjadi pada konsentrasi 10 mg/L yaitu berturut-turut 50,89 g dan 2.880,20 mg/L. Sedangkan frekuensi pergantian media tidak mempengaruhi bobot namun mempengaruhi kandungan pigmen dengan pergantian 2 minggu sekali. Kandungan pigmen cenderung semakin menurun seiring lamanya frekuensi penggantian media. Kandungan pigmen tertinggi terjadi pada frekuensi penggantian media setiap minggu yaitu 2.134,38 mg/L.


Keywords


performansi; K. alvarezii; pupuk organik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats