KERAGAMAN GENETIK 3 POPULASI IKAN TAMBAKAN ( Helostoma temminckii ) ASAL SUMATERA, JAWA, DAN KALIMANTAN MENGGUNAKAN METODE RAPD ( Random Amplified Polymorphism DNA )

Sri Sundari, Iskandariah Iskandariah, Gleni Hasan Huwoyon, Irin Iriana Kusmini, Rudhy Gustiano

Abstract


Penelitian mengenai keragaman genetik 3 populasi ikan tambakan (Helostoma temminckiii) asal Sumatera, Jawa, dan Kalimantan telah dilakukan di Laboratorium Molekuler Biologi, Balai Penelitian dan pengembangan Budidaya Air Tawar (BPPBAT) Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman genetik dari 3 populasi ikan Tambakan asal Sumatera, Jawa, dan Kalimantan menggunakan metode Random Amplified Polymorphism DNA (RAPD). Amplifikasi DNA menggunakan primer OPA-02, OPC-02, dan OPC-05. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase polimorfisme berkisar antara 57,1429%-60,7143%; dengan nilai heterosigositas 0,2259-0,2478 dan jarak genetik antar populasi 0,1961-0,2877. Keragaman genetik tertinggi diperoleh pada populasi tambakan asal Kalimantan dan terendah pada populasi asal Sumatera.


Keywords


RAPD; genetik; populasi; ikan tambakan; Helostoma Temminckii

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats