KOEFISIEN VARIABILITAS GENETIK DAN ESTIMASI NILAI HERITABILITAS KARAKTER EKONOMIS PENTING POPULASI IKAN NILA ( Oreochromis niloticus )

Didik Ariyanto, Nunuk Listiyowati

Abstract


Kualitas genetik merupakan salah satu komponen penting yang mempengaruhi nilai produktivitas usaha budidaya perikanan.  Galur-galur ikan yang secara genetik mempunyai keunggulan tertentu harus dapat dipertahankan dan jika memungkinkan ditingkatkan melalui program pemuliaan. Variabilitas genetik dan heritabilitas merupakan dua hal penting untuk menentukan arah dan metode program pemuliaan yang akan dilakukan.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai koefisien variabilitas genetik (KVG) dan heritabilitas 4 karakter ekonomis penting pada populasi ikan nila, yaitu bobot individu, panjang total, panjang standard dan tebal badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter panjang standard dan tebal badan merupakan karakter dengan nilai KVG sedang (3,47 dan 3,87) dan heritabilitas tinggi (0,57 dan 0,94) sehingga seleksi pada kedua karakter tersebut diharapkan efektif dilakukan. Pada karakter bobot individu, meskipun mempunyai nilai KVG relatif tinggi (5,31) tetapi nilai heritabilitasnya rendah (0,12) sehingga seleksi terhadap karakter tersebut kemungkinan tidak akan memberikan hasil yang maksimal.


Keywords


koefisien variabilitas genetik; heritabilitas; ikan nila

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats