PERAKITAN STRAIN IKAN LELE Clarias gariepinus (BURCHELL, 1822) TUMBUH CEPAT MELALUI SELEKSI INDIVIDU: PEMBENTUKAN POPULASI DASAR SINTETIS

Bambang Iswanto, Rommy Suprapto, Huria Marnis, Imron Imron

Abstract


Mutu genetis ikan lele Afrika Clarias gariepinus hasil introduksi di Indonesia telah mengalami penurunan, diindikasikan dengan penurunan laju pertumbuhannya, sehingga diperlukan upaya pemuliaan. Pemuliaan dalam rangka merakit strain ikan lele Afrika tumbuh cepat dapat dilakukan melalui program seleksi. Program seleksi tersebut di Balai Penelitian Pemuliaan Ikan diawali pada tahun 2010 melalui koleksi, karakterisasi dan evaluasi sumberdaya genetis ikan lele Afrika. Selanjutnya, pada tahun 2011 dilanjutkan dengan pembentukan populasi dasar sintetis melalui persilangan diantara empat populasi koleksi, yakni Dumbo, Sangkuriang, Paiton dan Mesir yang pada saat pemanenan diseleksi sebanyak 5% terbaik, sehingga terbentuk populasi dasar sintetis dengan keragaman genetis yang luas. Populasi dasar sintetis yang dibentuk berupa dua populasi yang nantinya akan dipergunakan sebagai dasar pembentuk populasi generasi berikutnya melalui pemijahan secara resiprokal diantara keduanya. Populasi dasar sintetis yang terbentuk menunjukkan variasi ukuran (bobot) yang tinggi selama tahap pembenihan (57,26%), pendederan (52,84%) dan pembesaran (69,01%), dengan laju pertumbuhan spesifik yang relatif tinggi selama tahap pembenihan (18,88% bobot/ hari), pendederan (5,59% bobot/hari) dan pembesaran (4,67% bobot/hari). Ikan lele jantan populasi dasar sintetis hasil seleksi yang terbentuk pada saat pemanenan memiliki bobot 398,80±184,79 g dengan diferensial seleksi sebesar 204,12 g (populasi kontrol rata-rata 194,68±13,90 g) dan ikan lele betina berbobot 324,78±167,94 g dengan diferensial seleksi sebesar 148,09 g (populasi kontrol rata-rata 176,69±11,11 g). Keragaan tersebut mengindikasikan bahwa populasi dasar sintetis tersebut prospektif dan berpotensi untuk dipergunakan dalam program seleksi.


Keywords


populasi dasar sintetis; pertumbuhan; variasi; seleksi; ikan lele Afrika Clarias gariepinus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats