PEMANFAATAN LIMBAH TULANG IKAN NILA ( Oreochromis niloticus ) MENJADI TEPUNG TULANG SEBAGAI SUMBER KALSIUM UNTUK KONSUMSI PANGAN

Murniyati Murniyati

Abstract


Telah dilakukan penelitian pemanfaatan tulang ikan nila menjadi tepung tulang sebagai sumber kalsium untuk konsumsi pangan. Preparasi tulang ikan nila dilakukan dengan merebus tulang dalam air mendidih selama 60 menit.kemudian setelah dingin dibersihkan. Selanjutnya tulang direbus menggunakan menggunakan autoclave pada suhu 121oC, tekanan 1 atmosfir selama 60 menit. Tulang kemudian diekstraksi dalam air pada suhu 50oC selama 24 jam menggunakan larutan NaOH,.dengan konsentrasi 0,1; 0,3; dan 0,5 N. Selanjutnya tulang dicuci hingga netral kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari, dan setelah kering digiling hingga halus atau diayak menggunakan ukuran 100 mesh. Tepung tulang diamati secara organoleptik (rupa, warna, bau, tekstur), kimiawi (proksimat, kalsium), rendemen, dan derajat putih. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa secara organoleptik rupa menarik, bersih, warna putih cemerlang, tidak berbau, dan tekstur lembut. Hasil analisis kimia menunjukkan bahwa kadar air, kadar lemak, dan kadar protein terendah masing-masing adalah pada perendaman dengan NaOH 0,5 N; 0,3 N; dan 0,5 N yaitu sebesar 4,31%; 1,72%; dan 3,64%. Untuk derajat putih yang tertinggi adalah pada perendaman 0,5 N yaitu sebesar 90,08% dan kadar abu terendah sebesar 84,40% pada perendaman NaOH 0,1 N.


Keywords


nila; kalsium; ekstraksi; tulang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats