RESPONS PETAMBAK GARAM TERHADAP INOVASI KELEMBAGAAN (Studi Kasus di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

Yayan Hikmayani, Hendra Yusran Siry

Abstract


Penyediaan inovasi dalam kegiatan usaha garam rakyat merupakan hal yang sangat penting, terutama berkaitan dengan upaya peningkatan kapasitas kelembagaan usaha garam tersebut. Inovasi kelembagaan usaha garam rakyat dapat dilakukan melalui pembentukan KUB yang merupakan gabungan dari 2-3 kelompok usaha garam (KUGAR). Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui respons petambak garam terhadap inovasi kelembagaan telah dilakukan sejak Februari hingga Desember 2011. Respons petambak garam diukur berdasarkan skor komposit pandangan responden mengenai tiga materi pelatihan: (a) organisasi dan pengembangan usaha; (b) pengembangan kewirausahaan usaha; dan (c) penguasaan teknologi pengolahan garam. Lokasi penelitian di dua wilayah sentra pengembangan minapolitan garam, yaitu: di Kabupaten Cirebon dan Pamekasan. Metode penelitian menggunakan metode survai. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menemukan beberapa hal penting berikut: (1) dari hasil Focus Group Discussion (FGD) terungkap bahwa untuk peningkatan kapasitas kelembagaan usaha garam rakyat dibutuhkan inovasi kelembagaan produsen; (2) secara rata-rata, respons petambak garam di kedua lokasi pengamatan terhadap keseluruhan materi pelatihan adalah cukup baik (positif), namun secara relatif respons masyarakat di Kabupaten Pamekasan lebih baik dibandingkan dengan di Kabupaten Cirebon; dan (3) setelah dilakukan pendampingan terhadap pengurus KUB, maka respons pengurus KUB di kedua lokasi menunjukkan hasil respons yang relatif sama terhadap materi organisasi dan pendampingan usaha dan materi pengembangan kewirausahaan dan kemitraan usaha. Sementara itu, untuk materi penguasaan teknologi menunjukkan perbedaan yang kontras (berbalikan) di kedua lokasi. Respons pengurus KUB garam terhadap keseluruhan materi pelatihan di Kabupaten Cirebon termasuk dalam kategori baik sementara Kabupaten Pamekasan respons yang cukup baik.


Keywords


respons; petambak garam; inovasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats