IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU MACAN (Epinephelus fuscoguttatus Forsskal) YANG DILALULINTASKAN DI KEPULAUAN BANGGAI

Mohammad Zamrud, Devita T. Adriany

Abstract


Ikan laut merupakan komoditas penting di Indonesia, termasuk diantaranya ikan kerapu yang bernilai ekonomis tinggi dan telah banyak dibudidayakan. Salah satunya jenis ikan kerapu adalah kerapu macan (Ephinephelus fuscoguttatus Forsskal). Beberapa kendala dalam kegiatan budidaya ikan kerapu adalah tingginya tingkat kematian akibat penyakit. Serangan penyakit yang disebabkan ektoparasit pada ikan kerapu di keramba menyebabkan tingkat kematian yang tinggi dan kerugian besar pada petani. Untuk mengetahui jenis ektoparasit yang menginfeksi ikan kerapu macan (E. fuscoguttatus) dan untuk mengetahui tingkat infeksi dari masing-masing jenis ektoparasit tersebut maka dilakukan penelitian ini. Berdasarkan dari hasil penelitian terdapat 8 jenis ektoparasit yang menginfeksi ikan kerapu macan. Untuk itu, dilakukan upaya penanganan yang lebih baik untuk mengurangi terjadinya infeksi oleh ektoparasit pada keramba jaring apung (KJA) diantaranya dengan cara perbaikan kualitas air.


Keywords


kerapu, ektoparasit, keramba jaring apung (KJA)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats