APLIKASI RT-PCR UNTUK SKRINING GUNA MEMPRODUKSI INDUK UDANG GALAH TUMBUH CEPAT BEBAS VIRUS Macrobrachium rosenbergii Nodavirus (MrNV)

Asep Sopian, Fajar Anggraeni, Hary Krettiawan, Khairul Syahputra, Ikhsan Khasani

Abstract


Udang galah (M. rosenbergii) merupakan komoditas ekonomis penting yang produksinya setiap tahun terus meningkat. Infeksi penyakit baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri patogen merupakan salah
satu faktor pembatas pada produksi budidaya. Penyakit yang akhir-akhir ini terdeteksi di sentra-sentra budidaya udang galah adalah penyakit ekor putih (WTD) yang disebabkan oleh virus Macrobrachium rosenbergii nodavirus (MrNV). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan induk udang galah tumbuh cepat generasi F-2 bebas virus MrNV. Screening udang galah bebas MrNV dilakukan pada populasi terseleksi indukan udang galah generasi F-2 dengan metode reverse transcriptase-PCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa screening terhadap indukan udang galah dari generasi F-2 diperoleh 55% induk betina positif MrNV dan 45% negatif MrNV, sedangkan indukan udang galah jantan diperoleh 39% positif MrNV dan 61% negatif. Hasil tersebut menggambarkan bahwa meskipun populasi indukan undang galah tumbuh cepat generasi F-2
yang keturunannya (F-3) terdeteksi terinfeksi penyakit WTD, tetapi setelah dilakukan screening masih terdapat indukan udang galah yang tidak terinfeksi penyakit white tail disease (WTD).


Keywords


udang galah, MrNV, penyakit, screening, WTD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats