KOMPOSISI DAN KELIMPAHAN PLANKTON DI KAWASAN TAMBAK KABUPATEN PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT

Erfan Andi Hendrajat, Utojo Utojo

Abstract


Penelitian telah dilakukan di kawasan tambak Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat. Tujuan penelitian untuk mengetahui komposisi dan kelimpahan plankton dalam rangka mendukung pengelolaan tambak yang berkelanjutan. Pengambilan sampel plankton pada lokasi tambak yang representatif dengan menggunakan plankton net no. 25. Sampel plankton dipekatkan dari 100 L menjadi 100 mL kemudian diawetkan dalam larutan MAF. Identifikasi plankton menggunakan mikroskop yang berpedoman pada buku identifikasi plankton dan  erhitungannya menggunakan metode counting cell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa plankton yang didapatkan pada semua stasiun terdiri atas empat kelas yaitu kelas Bacillariophyceae (14 genus), kelas Cyanophyceae (2 genus), kelas Chromonadeae (2 genus), dan kelas Crustaceae (10 genus). Secara umum kelimpahan plankton berkisar 10-4436 ind./L per stasiun dengan kelimpahan rata-rata 260 ind./L per stasiun dan jumlah genus pada seluruh stasiun sebanyak 123 genera dengan rata-rata 3,9 perstasiun. Fitoplankton didominasi oleh kelas Bacillariophyceae sebanyak 14 genus. Sedangkan zooplankton
hanya dari kelas Crustaceae sebanyak 10 genus. Fitoplankton kelas Bacillariophyceae didominasi olehNavicula sp.,Oscillatoria sp., Coscinodiscus sp.,Thallasinema sp., Pleurosigma sp., Protoperidinium dan Prorocentrum.
Sedangkan zooplankton dari kelas Crustaceae didominasi Naupliicopepoda dan Copepoda. Hasil uji indeks biologi plankton menunjukkan bahwa 17 (53,13%) stasiun tergolong dalam ketegori stabil sedang (moderat) oleh karena indeks keanekaragamannya (H1)>1 dan 25 (78,13%) stasiun yang komunitas planktonnya menyebar secara merata, karena nilai indeks keseragamaanya (E) mendekati nilai 1 dan 19 (59,38%) stasiun tidak terdapat spesies yang mendominasi spesies lainnya karena nilai indeks dominasinya (D) mendekati 0.
Berdasarkan nilai rata-rata hasil uji indeks biologinya menunjukkan bahwa kondisi perairan pertambakan di Kabupaten Pontianak Kalimantan Barat termasuk stabil sedang (moderat) dan komunitas planktonnya menyebar secara merata serta hanya sebagian kecil spesies yang dominan terhadap spesies lainnya.


Keywords


komposisi, kelimpahan,plankton, tambak, Pontianak, Kalimantan Barat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats