KAJIAN TEKNIK BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR (Cheraxquadricarinatus) PADA ZONA EKOLOGISBERBEDA

Lies Emmawati Hadie, Wartono Hadie, Irsyaphiani Insan

Abstract


Lobster air tawar C. quadricarinatus merupakan jenis lobster yang di  ntroduksidari Australia. Karakter unggul yang dimiliki di negara asal belum tentu dapat di ekspresikan  diwilayah lain. Oleh karena itu, diperlukan kajian teknik budidaya yang relatif cocok bagi lobster tersebut pada   tipe ekologis yang berbeda. Hasil kajian dapat dijadikan dasar dalam pengembangan budidaya lobster secara efisien. Kajian  budidaya lobster dilaksanakan pada tipe ekologis yang berbeda yaitu di dataran tinggi (585 m dpl) dan dataran
rendah (<100 m dpl). Desain penelitian menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dengan petak utama (main plot) adalah faktor ketinggian yang terdiri atas dua taraf yaitu dataran rendah (<100 mdpl) dan dataran tinggi (585 m dpl). Sebagai anak petak (sub plot) adalah waktu pengamatan dalam minggu sebanyak 16 minggu. Hasil kajian menunjukkan bahwa lobster tawar C. quadricarinatus dapat dibudidayakan di kolam air tawar dengan dasar tanah, serta lebih baik untuk dikembangkan di dataran rendah dengan ketinggian di bawah 100 m di atas permukaan laut dibandingkan dengan di dataran tinggi (P<0,05).


Keywords


assessment, capitmerah, budaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats