PERTUMBUHANDANSINTASAN YUWANA IKANCOBIA (Rachycentroncanadum) YANGDIPELIHARA DENGANPEMBERIANJENISPAKAN YANGBERBEDA

Siti Zuhriyyah Musthofa, Agus Priyono

Abstract


Ikan rucah sebagai pakan utama pada ikan karnivora seringkali menjadi kendala dalam budidaya karena ketersediaannya yang terbatas dan tergantung pada musim, sehingga diperlukan adanya pakan pengganti seperti halnya pelet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan sintasan ikan cobia yang dipelihara dengan pemberian pakan berbeda. Cobia yang berukuran panjang 14,01±1,17 cm dan bobot 9,83±3,011 gram dipelihara dalam bak beton berukuran 4 m3 dengan kepadatan 160 ekor/bak. Pakan yang diujikan antara lain ikan rucah (perlakuan A), pelet (perlakuan B) dan campuran rucah dan pelet (perlakuan C). Pertumbuhan, rasio konversi pakan (FCR) dan sintasan diamati sebagai parameter utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan yang baik serta efisiensi pakan yang tinggi didapatkan
pada ikan cobia yang diberi pakan campuran rucah dan pelet, dengan laju pertumbuhan spesifik (SGR) sebesar 3,43%/hari dan rasio konversi pakan sebesar 3,37 serta sintasan sebesar 87,35%.


Keywords


cobia, ikanrucah, sintasan, pelet, pertumbuhan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats