PENGARUH LAMA WAKTU PEMELIHARAAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN SINTASANUDANGVANAME(Litopenaeusvannamei) PADA SISTEMPENTOKOLAN

Suwardi Tahe, Markus Mangampa, Hidayat Suryanto Suwoyo

Abstract


Tokolan udang vaname merupakan satu diantara faktor yang perlu diperhatikan dalam sistem budidaya udang di tambak, karena berpengaruh terhadap pertumbuhan, lama pemeliharaan, sintasan dan berperan penting dalam efisiensi biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama waktu pemeliharaan yang tepat terhadap pertumbuhan dan sintasan udang vaname (Litopenaeus vannamei) pada sistem pentokolan. Penelitian ini dilaksanakan di Instalasi Perbenihan Barru Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau Maros.
Wadah yang digunakan adalah bak serat kaca ukuran 1 m x 1m x 0,7 m sebanyak 9 buah. Setiap bak diisi air laut salinitas 33 ppt sebanyak 500 L dan dilengkapi 1 buah aerasi. Benih udang vaname yang digunakan berukuran PL-19 dengan bobot rata-rata 0,016 g/ekor dan ditebar kepadatan 3.000 ekor/bak
(6.000 ekor/m3). Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan yaitu: (A) lama waktu pemeliharaan 15 hari, (B) lama waktu pemeliharaan 30 hari dan (C) lama waktu pemeliharaan 45 hari. Selama penelitian udang diberi pakan komersial dengan dosis 100%-5% dari total bobot biomassa per hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama pemeliharaan berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap sintasan benih udang vaname pada sistem pentokolan. Bobot akhir rata-rata dan sintasan udang vaname yang diperoleh sebesar 0,14 g/ekor dan 96,76% pada perlakuan A 0,41 g/ekor dan 97,41% diperlakuan B serta 0,77 g/ekor dan 81,71% di perlakuan C.


Keywords


pertumbuhan, sintasan, Litopenaeusvannamei, sistempentokolan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats