RESPONsPERTUMBUHANBENIHIKANNILA (Oreochromisniloticus) TERHADAP PENGGUNAANENZIMFITASEDALAMPAKANDENGANKADAR YANGBERBEDA

Reza Samsudin

Abstract


Asam fitat merupakan salah satu anti nutrisi yang terdapat pada bahan pakan yang berasal dari nabati. Keberadaan asam fitat dapat mempengaruhi laju pertumbuhan dan efisiensi pakan pada ikan. Salah satu cara untuk mengurangi kandungan asam fitat yaitu dengan menggunakan enzim fitase. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tingkat penggunaan enzim fitase terhadap pertumbuhan benih ikan nila. Penelitian ini dilaksanakan di Instalasi Riset Plasma Nutfah Perikanan Budidaya, Cijeruk. Rancangan penelitian yang
digunakan yaitu rancangan acak lengkap dengan lima perlakuan yaitu penambahan enzim fitase 0 FTU/ kg, 500 FTU/kg, 1000 FTU/kg, 1500 FTU/kg, dan 2000 FTU/kg dengan tiap perlakuan terdiri dari tiga ulangan.
Ikan yang digunakan adalah benih ikan nila dengan bobot rata-rata individu sebesar 2,47±0,3 gram. Ikan uji ditempatkan dalam wadah akuarium dengan volume 60 l. Pemberian pakan sebanyak 5% dari bobot tubuh per hari dengan frekuensi pemberian pakan tiga kali sehari. Hasil menunjukkan penggunaan enzim fitase 1000 FTU/kg memberikan laju pertumbuhan tertinggi yaitu 1,34%, namun dosis ini tidak berbeda nyata dengan 1500 FTU/kg (1,25%). Tingkat sintasan ikan uji tidak berbeda nyata antar perlakuan.


Keywords


benihnila, enzimfitase, pakan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats