PERBANDINGANPERFORMANSIPERTUMBUHAN ANTARA KERAPUMACAN (Epinephelusfuscoguttatus) DANKERAPUPASIR(Epinephelus corallicola) YANGDIPELIHARA DIKERAMBA JARING APUNG

Tatam Sutarmat

Abstract


Pengamatan dua spesies benih ikan kerapu Epinephelus spp. yaitu kerapu macan (E. fuscoguttatus) dan kerapu pasir (E. corallicola) yang dipelihara di KJA telah dilakukan di teluk Pegametan Bali. Wadah yang digunakanadalah kantong jaring berukuran 2 m x 2 m x 2 m, ditebar benih dua jenis ikan kerapu berukuran 100-150gram, dengan kepadatan 20 ekor/m3. Pemberian pakan 2 kali sehari dengan menggunakan pelet komersial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan spesifik 0,63±0,03% pada kerapu macan selama 8bulan periode pemeliharaan dan 0,48±0,01% pada kerapu pasir selama 12 bulan pemeliharaan. Konversi pakan pada kerapu macan (1,49±0,05) lebih kecil dibandingkan dengan kerapu pasir (2,15±0,23). Sintasan kerapu pasir lebih besar (87±3%) dibandingkan dengan kerapu macan (75±3%). Variasi ukuran kerapu macan lebih besar dibandingkan dengan kerapu pasir.


Keywords


performansi, pertumbuhan, KJA, kerapumacan(E. fuscoguttatus), kerapupasir(E. corallicola)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats