KELIMPAHANDANKERAGAMANPLANKTONSERTA HUBUNGANNYA DENGANBEBERAPA PARAMETERKUALITAS AIRPADA PEMELIHARAAN BENIH IKAN LELE (Clarias gariepinus)

Dewi Puspaningsih, Sutrisno Sutrisno, Anang Hari Kristanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan dan keragaman plankton serta hubungannya dengan beberapa parameter kualitas air pada pemeliharaan benih ikan lele (Clarias gariepinus). Penelitian dilakukan di kolam milik pembudidaya di daerah Cianjur, Jawa Barat. Penelitian menggunakan 3 kolam yaitu (A) kolam  bernaungan dengan pemberian pakan teratur, (B) kolam tanpa naungan dengan pemberian pakan teratur dan (C) kolam tanpa naungan dengan pemberian pakan ad satiation. Pengamatan meliputi kelimpahan dan keragaman plankton serta hubungannya dengan beberapa parameter kualitas air. Parameter kualitas air yang diukur adalah suhu, pH, kecerahan, oksigen terlarut, karbondioksida, nitrat, nitrit, fosfat, dan bahan organik terlarut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelimpahan plankton meningkat pada pertengahan
pengamatan dan semakin menurun di akhir pengamatan, yang didominasi oleh Class Chlorophyceae. Indeks keragaman plankton pada kolam A berkisar antara 1,4–2,6; kolam B antara 1,5–2,4; dan kolam C antara 1,5–2,5. Hal ini mengindikasikan bahwa semua kolam pengamatan menunjukkan keragaman yang sedang. Kualitas air yang terukur mendukung pertumbuhan plankton, yang selanjutnya turut pula meningkatkan sintasan benih ikan lele.


Keywords


plankton, kriteriakualitasair, leledumbo

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats