VARIASI SEBARAN PLANKTON PADA TAMBAK INTENSIF UDANG VANAME (Litopenaeusvannamei) DENGANWAKTUKULTURBERBEDA

Sahabuddin Sahabuddin, Muharijadi Atmomarsono

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menanalisis variasi persebaran plankton pada tambak intensif udang vaname (Litopenaeus vannamei) di lokasi tambak intensif udang vaname milik swasta di Kabupaten Bulukumba pada petak tambak dengan waktu kultur yang berbeda yakni; a) BK-40 hari; b) BK-60 hari; c) BK-70 hari. Sampling plankton menggunakan plankton net dengan menyaring air tambak sebanyak 100 L, air tambak yang 100 L disaring menjadi 100 mL kemudian dimasukkan ke dalam botol sampel untuk diamati dengan mikroskop
monitor. Data persebaran plankton yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan bantuan tabel dan grafik. Hasilnya didapatkan: a) BK-40 rata-rata 6 spesies populasinya 110-130 ind./L, H’ 1,69-1,72; b) BK-60 rata-rata 5 spesies populasinya 80-90 ind./L, H’ 0,8-1,55; c) BK-70 rata-rata 4 spesies dengan populasi 60 ind./L, H’ 0,8-1,24; terjadi penurunan jumlah spesies, populasi dan diversitas plankton berhubungan lamanya waktu kultur.


Keywords


plankton, intensif, vaname, waktukulturberbeda

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats