EVALUASI POTENSI SELEKSI INDIVIDU SECARA SIMULTAN BERDASARKAN KARAKTER PERTUMBUHAN DAN KEMATANGAN KELAMIN UDANG GALAH BETINA (Macrobrachium rosenbergii De Man, 1879)

Hary Krettiawan, Fajar Anggraeni

Abstract


Heritabilitas pada karakter pertumbuhan berdasarkan beberapa karakter pengukuran tubuh udang galah bersifat dimorfisme secara seksual. Seleksi untuk meningkatkan performa pertumbuhan udang galah dapat lebih efektif bila diterapkan pada populasi betina daripada jantan. Permasalahan pada populasi udang galah dewasa adalah terdapatnya udang galah bertelur, sehingga energi yang diharapkan untuk pertumbuhan telah beralih untuk bereproduksi. Udang galah betina yang besar dan belum bertelur diharapkan dapat diperoleh melalui program seleksi individu secara simultan pada karakter pertumbuhan dan kematangan betina udang galah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa teknis pelaksanaan seleksi pada kedua karakter tersebut secara bersamaan. Populasi udang galah GI Macro II dipelihara selama empat bulan dari tokolan satu dan dilakukan sampling untuk mendapatkan data struktur populasi betina. Berdasarkan data struktur populasi betina yang diperoleh setiap bulannya, kemudian dilakukan evaluasi potensi pelaksanaan seleksi individu. Rerata panjang standar udang galah betina pada masa pemeliharaan empat bulan sebesar 76,59±4,23 mm dengan rerata kelas kematangan sebesar 2,66±0,97. Seleksi pada karakter pertumbuhan dan kematangan kelamin udang galah betina dapat dilakukan pada masa pemeliharaan empat bulan dari tokolan satu dengan tahapan awal seleksi pada karakter pertumbuhan (cut off : 20%), kemudian dilanjutkan seleksi berdasarkan kematangan kelamin (cut off : 50%).


Keywords


kematangan; Macrobrachium rosenbergii; pertumbuhan dan seleksi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats