TRANSFORMASI KONSEP TATA KELOLA PENYELENGGARAAN KEAMANAN LAUT INDONESIA: SEBUAH TINJAUAN DARI PERSPEKTIF BADAN KEAMANAN LAUT

Tatang Rusata, Aan Kurnia, Pramandita Wisnu, Hutomo Putra

Abstract


Keamanan maritim merupakan salah satu isu keamanan yang menonjol dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebagai negara kepulauan, Indonesia harus mampu mengakomodasi kepentingan internasional sehingga keamanan dan keselamatan di laut yang menjadi tuntutan masyarakat internasional dapat terpenuhi.

Kepentingan nasional Indonesia sebagai negara maritim harus diturunkan menjadi kebijakan dan strategi maritim, dalam hal ini yaitu terkait dengan tata Kelola penyelenggaraan keamanan laut. Pertanyaanya, “apakah konsep dan sistem tata Kelola penyelenggaraan keamanan maritim saat ini telah berjalan dengan baik?”. Lalu, “bagaimana kosep tata Kelola penyelenggaraan keamanan maritim yang ideal dan mampu mewujudkan gagasan dan visi Pemerintah Indonesia di bidang kemaritiman secara keseluruhan?”

Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tinjauan literatur akan dilakukan untuk mengetahui aspek-aspek yang menjadi pembahasan penting dalam penelitian ini. Studi komparatif akan digunakan untuk menemukan solusi dalam upaya memecahkan masalah penelitian. Analisis SWOT juga akan digunakan untuk mengidentifikasi faktor- faktor dan strategi, memaksimalkan kekuatan dan peluang, serta meminimalkan kelemahan dan ancaman, dalam upaya menghasilkan tata Kelola penyelenggaraan keamanan laut Indonesia yang lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kondisi aktual dari tata Kelola penyelenggaraan keamanan laut Indonesia saat ini, beserta tantangan dan permasalahannya. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi konsep tata Kelola penyelenggaraan keamanan maritim Indonesia yang ideal dan holistik melalui perspektif Bakamla yang memiliki kewenangan dalam penegakan hukum di laut. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menghasilkan konsep strategis yang bersifat adaptif dalam menghadapi potensi ancaman dan permasalahan di laut yang bersifat dinamis dan sulit untuk diprediksi.


Keywords


Bakamla, Keamanan Maritim, Tata Kelola Penyelenggaraan Keamanan Laut

References


Elahi, K. Q. I. 2009. UNDP on good governance. International Journal of Social Economics.

Fink, Arlene. 2005. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper, 2nd ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Huntington, S. P. 2000. The clash of civilizations? In Culture and politics (pp. 99-118). Palgrave Macmillan, New York.

Mahan, A. T. 1890. The Influence of Sea power on History. Gutenberg. org.

Nazir. 2005. Metode Penelitian. Jakarta, Ghalia Indonesia.

Pearce, R. M. 2008. Manajemen Strategis 1 (ed. 10) Koran. Penerbit Salemba.

Rangkuti, F. 1998. Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Rowley, J., & Slack, F. 2004. Conducting a literature review. Management research news, 27(6), 31-39.

Ruhenda, R., Heldi, H., Mustapa, H., & Septiadi, M. A. 2020. Tinjauan Trias Politika Terhadap Terbentuknya Sistem Politik dan Pemerintahan di Indonesia. Journal of Governance and Social Policy, 1(2), 58-69.

Susetyorini, P. 2019. Kebijakan Kelautan Indonesia Dalam Perspektif UNCLOS 1982. Masalah-Masalah Hukum, 48(2), 164-177.

Till, G. 2017. Asia’s naval expansion: an arms race in the making? Routledge.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jkn.v19i1.12810

Copyright (c) 2024 Tatang Rusata, Aan Kurnia, Pramandita Wisnu, Hutomo Putra


Creative Commons License

Copyright of Jurnal Kelautan Nasional (p-ISSN 1907-767Xe-ISSN 2615-4579)

Pusat Riset Kelautan
Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan

View My Stats

Index by