APLIKASI TEKNOLOGI ELEKTRONIK LOG BOOK PENANGKAPAN IKAN UNTUK MENDUKUNG PENGELOLAAN PERIKANAN

Hadhi Nugroho, Agus Sufyan, Ngurah N. Wiadnyana

Abstract


Kebijakan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan memerlukan dukungan data penangkapan ikan yang akurat. Salah satu cara untuk memperoleh data hasil tangkapan ikan adalah penggunaan log book penangkapan ikan. Kenyataan di lapangan menunjukkan penggunaan log book secara manual banyak mengalami kendala. Berdasarkan data tahun 2013, dari 189.800 kapal dengan kewajiban melaporkan log book, hanya 6.507 kapal (3,43 %) yang sudah melaporkan log book. Untuk mengatasi kendala dalam pengisian log book penangkapan ikan secara manual, telah dikembangkan teknologi elektronik log book selama kurun waktu 2011-2014. Untuk penerapan e-log book di Indonesia, diperlukan suatu kajian yang menguraikan aspek teknis dari teknologi e-log book, perbandingan penerapan e-log book di sejumlah negara, serta strategi penerapannya di bidang perikanan di Indonesia. Penerapan e-log book di Indonesia dapat dilakukan dengan melihat perbandingan penerapan e-log book penangkapan ikan di negara lain, serta melihat kondisi di Indonesia. Berdasarkan analisis kesenjangan penerapan teknologi e-log book di Indonesia, maka secara teknologi, e-log book yang dikembangkan sudah siap untuk digunakan dalam bidang pengelolaan sumber daya ikan ditinjau dari aspek perangkat keras, perangkat lunak, komunikasi data (satelit dan GSM/GPRS), dan sistem integrator. Sedangkan dari sisi landasan peraturan, perlu dibuat suatu peraturan hukum sebagai landasan bagi penerapan e-log book di Indonesia. Rekomendasi strategi penerapan e-log book adalah sebagai berikut: (i) penerapan penggunaan e-log book dilakukan di pelabuhan perikanan dengan tingkat kepatuhan pelaksanaannya yang tinggi dan di kapal-kapal penangkap ikan yang sudah menggunakan transmitter VMS; (ii) sosialisasi dan pelatihan penggunaan e-log book pada nelayan secara intensif; (iii) pemberian sanksi yang tegas terhadap pelanggaran pelaksanaan e-log book; dan (iv) mengembangkan kerja sama dengan pihak ketiga seperti perusahan di bidang teknologi komunikasi.

Keywords


elektronik log book, Penangkapan Ikan, Pengelolaan Perikanan

Full Text:

PDF

References


Allen, P. (2009). Electronic Recording and Reporting System (ERS). Paper presented at ERS Best Practices Workshop. Riga, Latvia. November.

AFMA. (2014). Electronic logbooks. http://www.afma.gov.au/services-for-industry/logbooks-and-catch-disposal/e-logbooks.

Asydhad, A. (2016). Cara Spanyol Awasi Kapal Ikan dan Hasil Tangkapan Ikan. https://news.detik.com/berita/3219382/cara-spanyol-awasi-kapal-ikan-dan-hasil-tangkapan-ikan

CLS Argos Indonesia. (2014). CLS Android-based solutions for Electronic Reporting Systems (ERS). Jakarta.

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. (2014). Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah Tahun 2013 - Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. Kementerian Kelautan dan Perikanan. 105 hal.

Direktorat Sumber Daya Ikan. (2014). Peluang Pemanfaatan E-Logbook Penangkapan Ikan untuk Mendukung Pengelolaan Sumberdaya Ikan yang Berkelanjutan. Makalah disampaikan pada Pertemuan dan Diskusi tentang Elektronik Log Book Penangkkapan Ikan. Jakarta. November.

European Commission. (2008). Status of electronic log-books and surveillance in the Icelandic fisheries. http://ec.europa.eu/fisheries/cfp/control/technologies/ meetings/290408_logbook_iceland_en.pdf.

Goruk, R. & C. McConnel. (2013). Fisheries and Oceans Canada’s Electronic Networks – Agents of Change to Improve Commercial and Recreational Fishery Management Information. Paper presented at 7th International Fisheries Observer and Monitoring Conference. Vina del Mar, Chile. April.

Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Japan International Cooperation Agency (KKP dan JICA). (2009). Textbook Pengelolaan Sumber Daya Perikanan. Kementerian Kelautan dan Perikanan. 56 hal.

Marzuki, M. I. (2011). Membangun Elektronik Logbook Perikanan untuk Menunjang Pengelolaan Sumber Daya Ikan yang Berkelanjutan. Bunga Rampai: Application of Sustainable Development Technology in Indonesia. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan. Hal. 53-59.

Marzuki, M. I. & H. Nugroho. (2013). Rancang Bangun Elektronik Log Book Perikanan Berbasis GPRS untuk Mendukung Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Terbaik Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan. Hal. 164-179.

Ministry of Food, Agriculture and Fisheries of Denmark. (2008). The Danish Elog Project. Paper presented at ERS Technical Meeting. Madrid, Spain. Februari NOAA Fisheries. (2014). SPGM Electronic Log Book. http://www.galvestonlab.sefsc.noaa.gov/ELB.

Noviyanti, R. (2011). Kondisi Perikanan Tangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) Indonesia. 6 hal. Diunduh dari www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/ fmipa201130.pdf.

Nugroho, H. & A. Sufyan. (2014). Pengembangan Perangkat Keras Elektronik Log Book Penangkapan Ikan Berbasis Layar Sentuh. Jurnal Kelautan Nasional 9 (1), 93-109.

PPN Pemangkat. (2013). Piagam Penghargaan. 1 hal. Diunduh dari http://ppnpemangkat.blogspot.com/2013/07/piagam-penghargaan.html.

PPS Nizam Zachman. (2013). Penghargaan Penerapan Log Book Penangkapan Ikan (LBPI) dengan Konsisten. 1 hal. Diunduh dari http://www.ppsnzj.info/?p=207.

Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. PER.18/MEN/2010 tentang Log Book Penangkapan Ikan. Jakarta.

Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 10/PERMEN-KP/2013 tentang Sistem Pemantauan Kapal Perikanan. Jakarta.

Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 48/PERMEN-KP/2014 tentang Log Book Penangkapan Ikan. Jakarta.

Tarigan, H. & T. D. Ferindra. (2003). Penentuan Desain Sistem Pemantauan Kapal (VMS) Indonesia. Jurnal Riset IPTEK Kelautan. 1(1): 17-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jkn.v10i3.6193

Copyright (c) 2017 Jurnal Kelautan Nasional


Creative Commons License

Copyright of Jurnal Kelautan Nasional (p-ISSN 1907-767Xe-ISSN 2615-4579)

Pusat Riset Kelautan
Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan

View My Stats

Index by