POTENSI CNG (COMPRESSED NATURAL GAS) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BAKAR KAPAL PENANGKAP IKAN BERUKURAN PANJANG 11 M

Iman Anugerah Bintoro, Budhi Hascaryo Iskandar, Yopi Novita, Mohammad Imron

Abstract


Nelayan dalam melaksanakan operasi penangkapan ikan mengalami tantangan dari berbagai faktor, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan ekonomi. Faktor eksternal yang menghambat adalah ikan impor yang menguasai pasar tradisional di sentra kelautan, cuaca buruk serta gelombang tinggi. Faktor internal yang menghambat adalah tingginya biaya operasional, terutama biaya bahan bakar yang merupakan variabel dominan dalam biaya operasional.Permasalahan harga bahan bakar bagi nelayan adalah masalah laten. Berdasarkan paparan diatas, perlu adanya upaya untuk mengurangi mengurangi ketergantungan terhadap ketersediaan bahan bakar minyak, dalam hal ini solar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan dual fuel dalam penggunaan bahan bakar kapal, yaitu mengkombinasikan penggunaan bahan bakar solar dengan Compressed Natural Gas (CNG). Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk melihat secara teknis apakah pemakaian bahan bakar tersebut menghasilkan keunggulan dan instalasinya tidak secara drastis mengurangi stabilitas kapal serta apakah secara ekonomis pemakaian bahan bakar tersebut dapat mengurangi biaya operasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dalam menganalisa potensi operasional mesin serta simulasi numerik dalam menganalisa pengaruh instalasi sistem bahan bakar terhadap stabilitas kapal. Data akan dianalisa dengan menggunakan metode multi criteria analysis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada potensi operasional mesin, bahan bakar dual fuel memiliki keunggulan baik secara teknis dan ekonomis, sedangkan pada potensi stabilitas kapal, secara teknis desain 2 memiliki stabilitas yang sama baik dengan desain 3. Pada potensi kombinasi, komposisi yang terbaik adalah penggunaan bahan bakar dual fuel dengan desain 3.


Keywords


CNG, stabilitas, kapal, dual fuel, multi criteria analysis

Full Text:

PDF

References


Clarke A, Johnston NM. 2002. Scaling of metabolic rate with body mass and temperature in teleost fish. Journal of animal ecology. 68:893-905.

[GL] Germanischer Llyodd (DE). 2010. Rules for Classification and Construction Chapter VI Part 3 Guidelines for The Use Of Gas as Fuel for Ships. Germany (DE):[penerbit tidak diketahui]

Hardjanto A, 2010. Pengaruh kelebihan dan pergeseran muatan di atas kapal terhadap stabilitas kapal. Jurnal aplikasi pelayaran dan kepelabuhanan. 1(1):1-17

Hind JA, 1967. Stability and Trim of Fishing Vessel. London (GB): Fishing new books ltd.

Johnston IA, Clarke A, Ward P. 1991. Temperature and metabolic rate in sedentary fish from the antarctic, north sea, and indo west pacific ocean. Marine biology. 109:191–195

Muckle W. 1978. Naval Architecture of Marine Engineers. [tempat tidak diketahui]. New butterword and co.

Nugraha Y. 2004. Bentuk Geometris Kapal Payang Dan Gillnet Yang Beroperasi Di Teluk Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat (repository IPB). Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor

Raharjo O, Asikin Z. 2009. Penggunaan Bahan Bakar Gas Pada Motor Penggerak Kapal Perikanan. Semarang (ID): [penerbit tidak diketahui]

Shawyer M, Pizzali AFM. 2003. The Use of Ice On Small Fishing Vessels. Rome (IT): FAO fisheries technical paper.

Semin S, Bakar RA, Ismail AR. 2008. Application review of compressed natural gas as a sustainable alternative fuel in the internal combustion engines. 1st international conference of the institution of engineering and technology; 2008 May 26-28; Brunei Darussalam. Brunei Darussalam: Brunei Darussalam Network.

Semin S, Dayang, Amiadji, Zuhdi A, Ariana IM. 2012. Pengaruh perubahan compression ratio motor diesel menggunakan bahan bakar gas dan efeknya terhadap power dan daya. Seminar nasional teori dan aplikasi teknologi kelautan; 2012 Des 5; Indonesia (ID): hlm X1-X5

Setiyobudi N, Asikin Z, Rahardjo O, Budihardjo. 2011. Bahan Bakar Gas (CNG) Alternatif Pengganti BBM Kapal Perikanan. [penerbit tidak diketahui].

[penulis tidak diketahui]. Natural gas [Internet]. [Diunduh pada 2013 Apr 20]. Tersedia pada www.eere.energy.gov/afdc/altfuel/natural_gas.html

[penulis tidak diketahui]. Horse power [Internet]. [Diunduh 2013 Apr 20]. Tersedia pada www.Wikipedia.org/horsepower.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jkn.v8i1.6216

Copyright (c) 2017 Jurnal Kelautan Nasional


Creative Commons License

Copyright of Jurnal Kelautan Nasional (p-ISSN 1907-767Xe-ISSN 2615-4579)

Pusat Riset Kelautan
Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan

View My Stats

Index by