MODEL AKTOR DALAM PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK LAUT DI KAWASAN PESISIR JAKARTA

Muhammad Danny Sianggaputra, Andi Sagita, Christy Desta Pratama

Abstract


Penggunaan plastik dan produksi sampah plastik di Jakarta setiap tahunnya terus meningkat, pengelolaannya yang tidak tepat menyebabkan kebocoran sampah plastik ke pesisir dan laut. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model aktor dalam pengelolaan sampah plastik laut di kawasan pesisir Jakarta dengan menggunakan metode MACTOR. Penelitian ini bersifat studi kasus dimana pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dan diskusi terfokus dengan ahli. Hasil penelitian menunjukkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah merupakan aktor yang memiliki pengaruh dan ketergantungan yang tinggi terhadap aktor lainnya. Peran aktor dalam pengelolaan sampah plastik di kawasan pesisir Jakarta dikelompokan bedasarkan tingkat pengaruh dan ketergantungan terhadap aktor lainnya. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah berada pada kuadran II dimana aktor tersebut mempunyai peran penting dalam pengelolaan sampah plastik laut di kawasan pesisir Jakarta karena memilik tingkat pengaruh yang tinggi terhadap aktor lainnya. Nelayan, masyarakat pesisir, transportasi laut dan wisatawan berada pada kuadran III dimana memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi dan pengaruh yang rendah terhadap aktor lainnya, sedangkan industri plastik berada pada kuadran I dimana memiliki pengaruh yang tinggi dan ketergantungan yang rendah. Tujuan yang paling didukung oleh semua aktor adalah menghilangkan dampak ekonomi akibat sampah plastik laut di kawasan pesisir Jakarta. Dalam mencapai tujuan tersebut, pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat pesisir dan nelayan memiliki tingkat konvergensi (kerjasama) paling tinggi dibandingkan dengan aktor lainnya, sedangkan tingkat divergensi (potensi konflik) ada pada transportasi laut. Dari hasil tersebut dapat memberikan rekomendasi kebijakan dengan meningkatkan peran antar aktor dalam pengelolaan sampah plastik laut di kawasan pesisir Jakarta.

In Jakarta, plastic waste and its use increase yearly, boosting the probability of this material being released to the Jakarta bay and its surrounding sea as a lack of proper waste management. This research aims to formulate an actor model in marine plastic waste management in the coastal area of Jakarta using the MACTOR method. This research is a case study where data collection is carried out by field observations, interviews with resource persons, and Focused Discussions with experts. The results show that the central and local governments are in quadrant II where these actors have an essential role in marine plastic waste management in the coastal areas of Jakarta because they have a high level of influence on other actors. Fishermen, coastal communities, marine transportation, and tourists are in quadrant III, which has a high level of dependence and low influence on other actors, while the plastics industry is in quadrant I, which has a strong and low influence. The goal that all actors most likely support is the economic impact of marine plastic waste in the coastal areas of Jakarta. In achieving this goal, the central government, local governments, coastal communities, and fishermen have the highest level of convergence (cooperation) compared to other actors, while the level of divergence (potential conflict) is in sea transportation. From these results, it can provide policy recommendations by increasing actors' role in managing plastic waste in a coastal area of Jakarta.


Keywords


Model aktor; sampah plastik laut; kawasan pesisir; Jakarta

Full Text:

PDF

References


Abrar, M., & R. M. Siringoringo. (2005). Struktur, Kelimpahan dan Sebaran Sampah Anorganik di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Dampak dan Bentuk Pemanfaatannya. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Beaumont, N.J., Aanesen, M., Austen, M.C., Börger, T., Clark, J.R., Cole, M., Hooper, T., Lindeque, P.K., Pascoe, C., & Wyles, K.J. (2019). Global ecological, social and economic impacts of marine plastic. Marine Pollution Bulletin 142, 189–195. (DOI: https://doi.org/10.1016/j.marpolbul.2019.03.022).

Bendahan, S., Camponovo, G., & Pigneur Y. (2003). Multi-issue actors analysis: tool and models for assessing technology environment. Journal of Decision System, 12 (4), 1 – 31 (DOI: https://doi.org/10.3166/jds.13.223-253).

Brugha, R., & Varvasivszky, Z. (2000). Stakeholder analysis: a review. Health Policy and Planning 15 (3), 239 – 246 (DOI: https://doi.org/10.1093/heapol/15.3.338).

Bryson, J.M. (2003). What to do When Stakeholders Matter: A Guide to Stakeholder Identification and Analysis Techniques. Minneapolis: Hubert H. Humphrey Institute of Public Affairs, University of Minnesota.

Campbell, S.J., Hoey, A.S., Maynard, J., Kartawijaya, T., Cinner., Graham, N.A.J. & Baird, A.H. (2012). Weak compliance undermines the success of no-take zones in a large government-controlled marine protected. Plos One 7(1), 1–12 (DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0050074).

Dahuri, R., Rais, J., Ginting, S.P., & Sitepu, M.A. (2008). Pengelolaan Sumber daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: Pradnya Paramita.

Godet, M. (1991). Actors' moves and strategies the factor method: an air transport case study. Futures 23(6), 605 – 622 (DOI: https://doi.org/10.1016/0016-3287(91)90082-D).

Godet, M. (2006). Creating Futures: Scenario Planning as a Strategic Management Tool. Paris: Economica.

Godet, M., Durance, P., & Gerber, A. (2007). Strategic Foresight La Prospective: Use and Misuse of Scenario Building. Paris: Laboratoire d’Innovation de Prospective Strategique et d’Organisation.

Golden, C., Allison, E.H., Cheung, W.W.L., Dey, M.M., Halpern, B.S., McCauley, D.J., Smith, M., Vaitla, B., Zeller, D., & Myers, S.S. (2016). Fall in fish catch threatens human health. Nature 534, 317–320. (DOI: https://doi.org/10.1038/534317).

Grandfield, K. (2000). Impacts of Marine Debris and Oil: Economic and Social Costs to Coastal Communities. Shetland: Kommunenes Internasjonale Miljoorganisasjon (KIMO) c/o Shetland Islands Council, Environment & Transportation Department, Grantfield, Lerwick, Shetland (http://www.kimointernational.org/wp/wp-content/uploads/2017/09/KIMO_Impacts-of-Marine-Debris-and-Oil_Karen_Hall_2000.pdf).

Hermawan, R., Damar, A., & Hariyadi, S. (2017). Economic impact from plastic debris on Selayar Island, South Sulawesi. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis 9 (1), 327 – 336 (DOI: https://doi.org/10.29244/jitkt.v9i1.17945 ).

Kivits, R.A. (2011). Three component stakeholder analysis. International Journal of Multiple Research Apporaches 5 (3), 318 – 333 (DOI: https://doi.org/10.5172/mra.2011.5.3.318).

Kumar, P. (2012). The Economics of Ecosystems and Biodiversity: Ecological and Economic Foundations. London: Routledge, Taylor & Francis Group.

Kusumastanto, T., Andrianto, L., & Damar, A. (2012). Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Press.

Laporan Sintesis Hotspot Sampah Laut Indonesia. (2018). Hotspot Sampah Laut Indonesia. Washington: World Bank Group (http://documents.worldbank.org/curated/en/642751527664372193/pdf/126686-INDONESIA-29-5-2018-14-34-5-SynthesisFullReportAPRILIND.pdf).

Mouat, J., Lozano, R., & Bateson, H. (2010). Economic Impacts of Marine Litter. Shetland: KIMO (Kommunenes Internasjonale Miljoorganisasjon).

Munteanu, R., & Apertroe, M. (2007). Journal relatedness: an actor-actor and actor-objectives case study. Scientometrics 73, 215 – 230. (DOI: https://doi.org/10.1007/s11192-007-1735-7).

Mujio, Adrianto, L., Soewardi, K., & Wardiatno, Y. (2016). Analisis potensi konflik pemanfaatan ruang kawasan pesisir: integrasi rencana tata ruang darat dan perairan pesisir. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 4(2), 139 – 144. (DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jksekp.v9i1.7324).

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 81 Tahun (2012). tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 83 Tahun (2018). tentang Penanganan Sampah Laut.

Reed, M.S., Graves, A., Dandy, N., Posthumus, H., Hubacek, K., Morris, J., Prelle, C., Quinn, C.H., & Stringer, L. C. (2009). Who’s in and why? A typology of stakeholder analysis methods for natural resource management. Journal of Environment Management 90 (5): 1933 – 1949 (DOI: https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2009.01.001).

Ress, S.M., & MacDonell, S. (2017). Data gathering for actor analyses: a research note on the collection and aggregation of individual respondent data for MACTOR. Future Journal 9 (1), 115 – 137. (DOI: https://doi.org/10.24023/FutureJournal/2175-5825/2017.v9i1.256).

Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

UNEP [United Nations Environment Programme]. (2009). Marine Litter: A Global Challenge. Nairobi: UNEP.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jkpi.14.2.2022.%25p


Creative Commons License
Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
p-ISSN 1979-6366
e-ISSN 2502-6550

Crossref logoSHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj