ANALISIS SUHU PERMUKAAN LAUT DAN KLOROFIL-A UNTUK MENGETAHUI POTENSI IKAN DI DALAM FISHING GROUND PURSE SEINE MENGGUNAKAN DATA CITRA SATELIT AQUA MODIS LEVEL 3

Zulham Abdullah, Yusrizal Yusrizal, Syarif Syamsudin

Abstract


Perairan dan laut Indonesia sangat kaya akan sumberdaya perikanan. Potensi dan kekayaan laut Indonesia yang terutama adalah ikan. Potensi lestari sumberdaya ikan laut Indonesia sebesar 7,3 juta ton per tahun yang tersebar di perairan wilayah Indonesia. Seluruh potensi sumberdaya ikan tersebut, jumlah tangkapan yang di perbolehkan (JTB) sebesar 5,8 juta ton per tahun atau sekitar 80 persen dari potensi lestari, dan baru dimanfaatkan sebesar 5,4 juta ton pada tahun 2013 atau baru 93% dari JTB, sementara total produksi perikanan tangkap (di laut dan di danau) adalah 5,863 juta ton. Potensi tersebut masih kurang optimal dianfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Adanya citra satelit dengan sensor pendeteksi suhu permukaan laut dan klorofil-a bisa dimanfaatkan untuk mengoptimlkan hasil tangkapan di suatu kapal. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di atas kapal Purse Seine yang beroperasi di laut Jawa, laut Flores sampai dengan selat Makassar. Pengoperasian Purse Seine terdiri dari 4 tahap, tahap persiapan, yaitu tahap pengumpulan ikan dengan rumpon portabel dan lampu kapal, tahap pelingkaran jaring, dimulai dari menurunkan lampu atraktor dan kemudian jarring diturunkan melingkari lampu atraktor, setelah itu tali kerut,ditarik sehingga jarring menyerupai mangkok, terakhir adalah tahap penarikan jaring. Tetapi karena daerah penangkapan hanya berdasarkan kebiasaan menangkap di tempat tersebut jadi hasil tergantung pada kondisi saat penangkapan dilakukan. Maka dari itu diperlukanlah analisis fishing ground melalui satelit supaya bisa menemukan fishing ground yang lebih tepat, dengan menganalisis suhu permukaan laut (spl) dan klorofil-a. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel independen spl (X1) dan klorofil-a (X2) secara bersama- sama berpengaruh nyata terhadap hasil tangkapan (Y).


Keywords


Citra satelit, Klorofil- a, Suhu permukaan laut, Daerah penangkapan.

Full Text:

PDF

References


Bustami. DA dan Fadlisyah. 2014. Statistika Terapannya di Informatika. Graha Ilmu. Yogyakarta. 215 Hal.

Cihlar, J, Chen, J.M., Li, Z, Huang, F, Latifovic, R, dan Dixon, R. 1998. Can Interannual Land Surface Signal be Dicerned in Composite AVHRR Data?. Journal Of Geophysical Research Vol 103, NO. D18. Hal 23.163-23.172.

Emiyati, Setiawan. KT, Anneke KS. Manopo. A.K.S, Budhiman, S dan Hasyim, B 2014. Analisis Multitemporal Sebaran Suhu Permukaan Laut Di Perairan Lombok Mengunakan Data Penginderaan Jauh Modis. Seminar Nasional Penginderaan Jauh. Hal 470-479.

Indrawati. AT, 2000. Studi Tentang Hubungan Suhu Permukaan Laut Hasil Pengukuran Satelit Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Lemuru (Srdinella lemuru Bleeker 1853). Institut Pertanian Bogor. 81 Hal.

Jamil. S, Marsoedi, Soemarno dan Sukoso, 2010. Penentuan Daerah Konsentrasi Ikan Kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta) dengan Menggunakan Model Kinesis di Perairan Pantai Barat Sulawesi Selatan. Jurnal Pembangunan dan Alam Lestari Vol. 1 No.1 Tahun 2010 No. ISSN. 2087 – 3522.

Safrudin, 2013. Distribusi Ikan Layang (Decapterus Sp) Hubungannya Dengan Kondisi Oseanografi Di Perairan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Torani (Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan ) Vol. 23 (3) Desember 2013: 150 – 156.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitattif. ALFABET. Bandung. 48 Hal

Zahroh. L, dan Sukojo, BM. 2016. Analisis Suhu Permukaan Laut untuk Penentuan Daerah Potensi Ikan Menggunakan Citra Satelit Modis Level 1B. Jurnal Teknik ITS. Surabaya Vol 5, No. 2. Surabaya. Hal 846-849.

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). 2015. Permen KP RI No. 45/PERMEN KP/2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 25/PERMAN KP/2015 tentang Rencana Strategis Kementrian Kelautan dan Perikanan tahun 2015-2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jkpt.v1i1.7251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

  Creative Commons License

Jurnal Kelautan dan Perikanan Terapan (JKPT) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN Online: 2654-9581

POLITEKNIK AHLI USAHA PERIKANAN
BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

View My Stats

 

Index by



Location: https://goo.gl/maps/sjorau9p8zWbrQtJ6