KONTRIBUSI IKAN PARI (Elasmobranchii) PADA PERIKANAN CANTRANG DI LAUT JAWA

Fahmi Fahmi, Mohammad Adrim, Dharmadi Dharmadi

Abstract


Tinggi tingkat eksploitasi ikan hiu (Shark) dan pari (Elasmobranchii) di Indonesia telah memberikan predikat pada negara ini sebagai negara dengan total produksi ikan-ikan Elasmobranchii yang terbesar di dunia. Akan tetapi, upaya pengelolaan dan konservasi terhadap sumber daya tersebut di Indonesia belum terlaksana disebabkan minim informasi dan data yang mendukung baik biologi maupun perikanan. Penelitian hiu (Shark) dan pari (Elasmobranchii) di Indonesia yang secara intensif telah dilaksanakan sejak tahun 2001, telah berhasil menginventalisir keanekaragaman jenis ikan-ikan Elasmobranchii dari sebagian besar wilayah perairan Indonesia, dan informasi biologi untuk beberapa jenis hiu (Shark) dan pari (Elasmobranchii) yang umum dijumpai telah berhasil pula diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan pari (Elasmobranchii) merupakan kelompok ikan bertulang rawan yang umum dijumpai di perairan Laut Jawa dibandingkan kelompok ikan hiu. Ikan pari bintang (Shark), Himantura gerrardi merupakan salah satu jenis pari (Elasmobranchii) yang paling umum ditemui di seluruh wilayah perairan Indonesia dan memiliki kontribusi yang sangat besar pada total hasil tangkapan yang menggunakan jaring cantrang (danish seine net) di Laut Jawa. Berdasarkan pada hasil tersebut, jenis pari (Elasmobranchii) ini dapat dijadikan sebagai salah satu spesies indikator terhadap keberlangsungan perikanan Elasmobranchii di Indonesia bagian barat, atau Laut Jawa pada khususnya.

 

Indonesia has been regarded as a country which has the highest production of Elasmobranchs in the world. In contrast, there are still no management and conservation actions for this group of fishes yet due to the lack of knowledge and information on Elasmobranchs in Indonesia. Study on sharks and rays have been conducted intensively since 2001 and recorded some preliminary informations about Elasmobranch diversity in this country. One of the results summarized that rays were more common group of Elasmobranchs occurred in the Java Sea. Also, Himantura gerrardi was indicated as one of the commonest rays and it gave the highest contribution of Elasmobranchs caught by the danish seine fishery operating in the Java Sea. This species can also be used as an indicator species for the sustainability of Elasmobranch fisheries in Indonesia or in the Java Sea.


Keywords


Elasmobranchii; Himantura gerrardi; perikanan; jaring cantrang

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jppi.14.3.2008.295-301


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
p-ISSN 0853-5884
e-ISSN 2502-6542

Find in a library with WorldCatCrossref logoSHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj