DISTRIBUSI SPASIAL DAN TEMPORAL IKAN ENDEMIK RAINBOW SELEBENSIS (Telmatherina celebensis Boulenger) DI DANAU TOWUTI, SULAWESI SELATAN

Syahroma Husni Nasution, Sulistiono Sulistiono, D. S. Sjafei, G. S. Haryani

Abstract


Rainbow selebensis (Telmatherina celebensis) adalah salah satu jenis ikan endemik di Danau Towuti. Ikan tersebut memiliki warna tubuh yang indah dan berpotensi sebagai ikan hias air tawar yang bernilai ekonomis. Dikhawatirkan akan terjadi penurunan populasi ikan tersebut di alam akibat perubahan lingkungan dan penangkapan ikan yang intensif. Penurunan kualitas lingkungan tersebut secara tidak langsung berkaitan dengan penebangan hutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi spasial dan temporal ikan Rainbow Selebensis. Penelitian dilakukan di perairan Danau Towuti dari bulan Maret 2002 sampai dengan April 2003. Ikan ditangkap menggunakan jaring insang eksperimental (experimental gill net) dengan 4 ukuran mata jaring yaitu ¾, 1, 1¼, dan 1½ inci di 4 stasiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan Rainbow selebensis berdistribusi luas di perairan Danau Towuti mulai dari wilayah litoral sampai dengan ke tengah danau. Jumlah ikan yang diperoleh lebih banyak dan ukuran ikan juga lebih bervariasi di stasiun yang terdapat tanaman air (stasiun I dan IV) dibandingkan di stasiun yang tidak terdapat tanaman air (stasiun II dan III). Distribusi ikan secara spasial dipengaruhi oleh kedalaman air dan tanaman air, sedangkan secara temporal dipengaruhi oleh ketinggian muka air, oksigen terlarut, dan pH. Puncak kelimpahan ikan ini ditemukan pada bulan Nopember.

 

Rainbow selebensis (Telmatherina celebensis) is an endemic species in Lake Towuti. This species has excellent body color, which is commercialized as ornamental fishes. Concerning will be decress fish population due to change of environment and intensive fishing. Degradation of the environmental quality indirectly related the deforestation. The aim of this research is to obtain information on spatial and temporal distribution of Rainbow Selebensis in Lake Towuti on March 2002 until April 2003. The fish was captured with experimental gill net mesh size 0.75; 1; 1.25; and 1.5 inches at four stations. The result shows that Rainbow Celebensis has wide distribution in Lake Towuti from litoral zone until the middle of lake. At station where there are aquatic plant (station I and IV), the number and size of the fish were high and various compared to station where there were aquatic plant (station II and III). Spatial distribution of Rainbow selebensis was influenced by depth of water and existence of aquatic plant, while temporal distribution was influenced by water level, dissolved oxygen, and pH. The peak season abundance of the fish was in November.


Keywords


distribusi spasial dan temporal; Telmatherina celebensis; ikan endemik; Danau Towuti

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jppi.13.2.2007.95-104


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
p-ISSN 0853-5884
e-ISSN 2502-6542

Find in a library with WorldCatCrossref logoSHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj