HUBUNGAN PANJANG BOBOT, PERBANDINGAN JEN]S KELAMIN, DAN TfNGKAT KEMATANGAN GONAD TUNA MATA BESAR (Thunnus obesus) DI PERAIRAN LAUT BANDA

Budi Nugraha, Siti Mardlijah

Abstract


Penelitian dilakukan tefiadap tuna mala besar hasil tangkapan kapal tuna long line yang beroperasi di perairan Laut Banda. Aspek biologi yang diteliti meliputi hubungan panjang bobot, perbandingan jenis kelamin, ukuran pertama kali matang gonad, dan tingkat kematangan gonad pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2OO2. Dan hasil analisis hubungan panjang bobot diketahui bahwa pola pertumbuhan tuna mata besar di perairan Laut Banda bersifat allometrik negatif. Perbandingan jenis kelamin jantan dan betina adalah 1,96:1, berdasarkan pada hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa rasio ikan jantan dan betina pada periode penelitian ini tidak seimbang di mana jumlah jantan 2 kali betina. lkan betina matang gonad pada ukuran lebih kecil dibandingkan dengan ikan jantan. Pemijahan tuna mata besar di perairan Laut Banda terjadi pada bulan Desember.


Keywords


biologi; tuna mata besar; perairan Laut Banda

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jppi.12.3.2006.195-202


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
p-ISSN 0853-5884
e-ISSN 2502-6542

Find in a library with WorldCatCrossref logoSHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj