Analisis Pemasaran Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) di Pangkalan Pendaratan Ikan Kranji, Kabupaten Lamongan

Iwan Fadli Pasaribu, Trisnani Dwi Hapsari, Trisnani Dwi Hapsari, Bambang Argo Wibowo

Abstract


Permasalahan dalam pemanfaatan sumber daya ikan tongkol (Euthynnus affinis) di PPI Kranji, Lamongan tidak hanya pada produksi dan faktor produksi, tetapi juga pada distribusi pemasaran tangkapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik lembaga pemasaran ikan tongkol serta menganalisis pola distribusi pemasaran, margin pemasaran, fisher’s share, dan efisiensi pemasaran pada setiap pelaku usaha. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari—Februari 2022 di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kranji, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Jumlah responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini ialah 79 orang yang terdiri atas 25 nelayan, 16 agen pemasaran, 7 pedagang lokal Kranji, 13 pengepul, 12 pedagang lokal kota Lamongan, 3 pedagang luar kota, 2 pengolah ikan asap, dan 1 pengelola pabrik pengalengan tongkol. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis margin pemasaran, fisher’s share, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat pola distribusi pemasaran ikan tongkol di PPI Kranji. Total nilai margin dari saluran pemasaran 1 dan 2 adalah sebesar Rp12.832,00 dengan persentase margin sebesar 40% dan persentase Fisher’s share sebesar 60%. Total margin pada saluran pemasaran 3 yang diperoleh adalah sebesar Rp25.832,00 dengan persentase margin sebesar 57% dan persentase fisher’s share sebesar 43%. Total margin pada saluran pemasaran 4 adalah sebesar Rp20.832,00 dengan persentase margin sebesar 52% dan persentase Fisher’s share sebesar 48%. Hasil efisiensi distribusi pemasaran di PPI Kranji <1 menunjukkan bahwa pemasaran ikan tongkol tergolong efisien.  Dengan tujuan menunjang pemasaran tangkapan yang baik, PPI Kranji sebaiknya menyediakan serta membangun infrastruktur yang memadai sehingga kegiatan pemasaran bisa terlaksana dengan baik.

 

Title: Marketing Analysis of Mackerel Tuna (Euthynnus Affinis) at Kranji Fish Landing Base, Lamongan Regency

Problems in the utilization of mackerel tuna resources (Euthynnus affinis) at Fish Landing Base of Kranji (PPI Kranji), Lamongan are not only in production and factors of production, but also in marketing distribution of the catch. The purpose of this study is to identify the characteristics of tuna marketing institutions and analyze marketing distribution patterns, marketing margins, fisher’s share and marketing efficiency for each business actor. The study was conducted in January-February 2022 at the Kranji Fish Landing Base, Lamongan Regency, East Java Province. The sampling methods used are purposive sampling and snowball sampling. The number of respondents who were sampled in this study were 79 people consisting of 25 fishermen, 16 marketing agents, 7 local Kranji traders, 13 collectors, 12 local traders from Lamongan, 3 traders outside the city, 2 smoked fish processors and 1 cob cannery. The data analysis method used is marketing margin analysis, fisher’s share and marketing efficiency. The results showed that there were 4 distribution patterns of tuna marketing. The total margin value from marketing channels 1 and 2 is Rp12,832 with the margin percentage 40% and the Fisher’s share percentage 60%. The total margin of marketing channel 3 is Rp25,832 with the margin percentage 57% and the fisher’s share percentage 43%. Marketing channel 4 earned total margin of Rp20,832 with the margin percentage 52% and the fisher’s share percentage 48%. The results of marketing distribution efficiency at PPI Kranji <1 indicates that the marketing of tuna is classified as efficient. To support the good marketing of the catches, it is suggested chat, PPI Kranji provides or builds adequate infrastructure so that marketing activities can be carried out properly.


Keywords


saluran pemasaran; ikan tongkol; distribusi; PPI Kranji; Fisher’s share

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Harahab, N., & Asmarawati, L. (2017). Pemasaran Hasil Perikanan. Universitas Brawijaya Press.

Agustian, D., Yulinda, E., & Nugroho, F. (2015). Proses penjualan ikan di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Berkala Perikanan Terubuk, 43(1), 74—85. doi: h ttps://dx.d oi.org/10.31258/ terubuk.43.1.74.20-85.

Apituley, Y.M., Wiyono, E.S., Hubeis, M., & Nikijuluw,

V.P. (2013). Pendekatan fungsi dan kelembagaan dalam analisis pemasaranikan segar di Maluku Tengah. Marine Fisheries, 4(1), 67—74. doi: https://doi.org/10.29244/jmf.4.1.67-74.

Bangun, W. 2010. Teori ekonomi mikro. PT Refika Aditama.

Downey, D. & Erikson, S. (1992). Manajemen agribisnis.

Penerbit Erlangga.

Gumilang, A.P., Solihin, L., & Wisudo, S.H. (2016). Pola distribusi dan teknologi pengelolaan hasil tangkapan pelabuhan perikanan di wilayah Pantura Jawa. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 7(1), 67—76. doi: https://doi.org/10.24319/jtpk.7.67-76.

Hanafiah. A.M. & Saefudin, A.M. (2006). Tata niaga perikanan. UI Press.

Hapsari, T.D. (2014). Distribusi dan margin pemasaran hasil tangkapan ikan tongkol (Euthynnus aflnis) di TPI Ujungbatu, Jepara. Jurnal Aquasais Ilmu Perikanan Dan Sumberdaya Perairan, 2(2), 131—138

Jumiati, E., Darwanto, D.H., & Hartono, S. (2013). Analisis saluran pemasaran dan margin pemasaran kelapa dalam di wilayah perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan, 12(1), 1—10. d oi:https://d oi. org/10.31293/af.v12i1.165

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2021). Buku Statistik Hasil Perikanan Nasional 2021.

Lilimantik, E. (2020). The fishery marketing channel in Kotabaru regency South Borneo Indonesia. International Journal of Fisheries and Aquatic Studies, 8(6), 49—53. doi: https://doi.org/10.22271/fish.2020. v8i6a.2361.

Lirphandari, R.H., & Dwiastuti, R. (2018). Analisis kinerja pasar benih padi di Kabupaten Madiun. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 2 (5), 405—416. d o i : h t t p s : / / d o i . o r g / 1 0 . 2 1 7 7 6 / ub.jepa.2018.002.05.6.

Maisyaroh, N., Ismail, & Boesono, H. (2014). Analisis pemasaran hasil tangkapan lobster (Panulirus sp.) di tempat pelelangan ikan (TPI) Se-Kabupaten Gunungkidul. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 3(3), 131—140.

Maramis, P.A., Ismanto, A.Y., & Babakal, A. (2013). Hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang ISPA dengan kemampuan ibu merawat balita ISPA pada balita di Puskesmas Bahu, Kota Manado. Jurnal Keperawatan, 1(1). doi: https://doi.org/10.35790/jkp.v1i1.2226.

Ningsih, R.S., Mudzakir, A.K., & Rosyid, A. (2013). Analisis kelayakan finansial usaha perikanan pancing ulur payang jabur (boat seine) di Pelabuhan Perikanan Pantai Asemdoyong, Kabupaten Pemalang. Journal of Fisheries Resousces Utilization Management and Technology, 2(3), 223—232.

Nuriati, N.K. (2018). Analisis efisiensi saluran pemasaran ikan tongkol hasil tangkapan nelayan di Desa Seraya Timur Kecamatan Karangasem. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 512—522. doi: https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20096.

Pramita, C., Muhlisin, M., & Maleha, N.Y. (2021). Dampak Covid-19 terhadap pendapatan pedagang-pedagang kecil di kantin Universitas Indo Global Mandiri Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 1(1), 69—74.

Pricilla, V., Durand, S.S., Tambani, G.O., Rantung, S.V., & Aling, D.R. (2022). Keadaan sosial ekonomi dan budaya nelayan buruh alat tangkap pukat cincin (purse seine) di Kawasan Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. AkulturasI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 10(1), 122-130. d o i : http s://d oi. org/10.35800/akulturasi.v10i1.39944.

Purnomo, C. (2018). Pola saluran pemasaran ikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 16(2), 126—147. doi: https://doi.org/10.33489/mibj.v16i2.150.

Purwanto, A., & Taftazani, B.M. (2018). Pengaruh jumlah tangungan terhadap tingkat kesejahteraan ekonomi keluarga pekerja K3L UNPAD. Jurnal Pekerja Sosial, 1(2), 33—43. doi: https://doi.org/10.24198/focus. v1i2.18255.

Putra, H.W. (2017). Sistem dan analisis pemasaran ikan pelagis di Tempat Pelelangan Ikan Muara Angke, Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Satya Minabahari, 3(1), 26— 34. doi: https://doi. org/10.53676/jism.v3i1.40.

Putri, R.K., Nurmalina, R., & Burhanuddin,B. (2018). Analisis efisiensi dan faktor yang memengaruhi pilihan saluran pemasaran. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 109—135. doi: https://doi.org/10.22441/mix.2018 v8i1.007.

Putri, A.S., Solihin, I., & Wiyono, E.S. (2017). Strategi optimalisasi fungsi pelabuhan perikanan dalam pemasaran hasil tangkapan di PPP Lempasing. Jurnal Perikanan Laut, 1(2), 171—

doi: https://doi.org/10.29244/core.1.2.171-

Rahmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(5).

Rasidin, R., Yusriadi, Y., & Rahman, R. (2018). Analisis Pendapatan dan Efesiensi Pemasaran Cabai Merah (Capsicum annum L.) Di Kecamatan Watangpulu Kabupaten Sidrap. J. Pendidik. Teknol. Pertan, 4(2004), 84. doi: https://doi. org/10.37729/jrap.v6i2.1808

Sari, I.T., & Rauf, M.I. (2020). Analisis pendapatan usaha perikanan tangkap: Pengalaman dari nelayan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Insentif, 14(1), 12—27. doi: https:// doi.org/10.36787/jei.v14i1.200.

Sari, M.P., Sardiyatmo, & Bambang, A.N. (2016). Analisis distribusi pemasaran rajungan (Portunus pelagicus) di Desa Sukoharjo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 5(1), 128—133.

Sengkey, C.J., Kindangen, P., & Pondaag, J.J. (2020). Analisis saluran distribusi dalam rantai pasok ikan mentah segar pada organisasi “kembang laut” di Pulau Nain Minahasa Utara. Jurnal EMBA, 8(3), 240—251. doi: https://doi. org/10.35794/emba.v8i3.29876.

Siregar, R.H. (2018). Analisis saluran pemasaran ikan di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (Study Kasus: Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Medan) [Disertasi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. UMSU Repositor y.http://repositor y.umsu.ac.id/ handle/123456789/9902 .

Wijaya, T. (2020). Pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna dalam perspektif islam. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(2), 1—16. doi: https:// doi.org/10.33650/profit.v4i2.1621.

Nahumury, M., & Manuhuttu, F. (2019). Analysis of channels and marketing efficiency of local fisheries in Merauke. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 10(3), 766—772. doi: https://doi.org/10.33650/profit. v4i2.1621.

Zebua, Y., Lasefa, K.A., & Rahmad, R. (2017). Faktor penyebab rendahnya tingkat kesejahteraan nelayan pesisir Pantai Sri Mersing, Desa Kuala Lama, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Jurnal Geografi, 9(1), 88—98 doi: https://doi.org/10.24114/jg.v9i1.6923.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/marina.v8i2.11043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

---------------------------------------------------------------------------------------

Published by

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan
in collaboration with
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.