Nilai Ekonomi Pemanfaatan Ikan Napoleon (Cheilinus Undulatus) di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Maulana Firdaus, Rani Hafsaridewi

Abstract


Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus) merupakan salah satu jenis ikan yang dilindungi karena populasinya yang terancam. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki potensi ikan Napoleon adalah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Eksploitasi ikan Napoleon di perairan tersebut tidak dapat dilakukan secara leluasa mengingat ada beberapa kebijakan pemerintah yang mengatur tentang tata cara pemanfaatan ikan ini. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai bentuk pemanfaatan ikan Napoleon di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemanfaatan ikan Napoleon di Kabupaten Natuna dilakukan melalui usaha penangkapan dan budidaya (pembesaran). Usaha pemanfaatan ikan Napoleon merupakan mata pencaharian utama masyarakat, karena harga jualnya yang tinggi. Kebijakan pemerintah terkait pemanfaatan ikan Napoleon adalah mengatur tentang tata cara penangkapan, ukuran yang diperbolehkan ditangkap dan pelarangan ekspor. Implementasi kebijakan ini harus mempertimbangkan dampak sosial ekonomi terhadap masyarakat, mengingat bahwa ada sebagian masyarakat yang menjadikan usaha penangkapan dan budidaya ikan Napoleon menjadi sumber ekonomi.

Keywords


nilai ekonomi; pemanfaatan; ikan napoleon; Kabupaten Natuna

Full Text:

PDF

References


Dahuri, R. 2003. Pendayagunaan Sumber Daya Kelautan Untuk Kesejahteraan Rakyat. Lembaga Informasi dan Studi Pembangunan Indonesia (LISPI). Jakarta.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Natuna, 2010. Statistik Perikanan Tangkap Kabupaten Natuna 2010. Kabupaten Natuna. Provinsi Kepulauan Riau.

Jais, A. 2011. Ikan Napoleon Sedanau Fantastis. Haluan Riau. http:/www.haluanriau.com/2011/3/21/ikan-Napoleon-sedanau-fantastis/ diakses pada tanggal 10 November 2011.

Satria, A. 2002. Pengantar Sosiologi Masyarakat Peisisir. Cisendo. Jakarta.

Sadovy, Y., Kulbicki, M., Labrosse, P., Letourneur, Y., Lokani, P. & Donaldson, T. J. 2003. The Humphead Wrasse, Cheilinus undulates: synopsis of a threatened an poorly known coral reef fish. Review in Fish Biology and Fisheries 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/marina.v7i1.4589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

---------------------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan Oleh:

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan
bekerjasama dengan
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network