Peran Kelembagaan Dalam Mendukung Program Minapolitan Budidaya Di Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta

Maharani Yulisti, Riesti Triyanti

Abstract


Pengembangan kawasan minapolitan yang memanfaatkan potensi wilayah dengan memberi peluang pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis perikanan memerlukan sinergitas dari potensi yang ada secara utuh, menyeluruh, berdaya saing dan berkelanjutan. Upaya in memerlukan campur tangan pemerintah dan dukungan masyarakat dalam membangun kelembagaan yang dapat mendukung program minapolitan. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelembagaan yang mendukung program minapolitan perikanan budidaya yang ada di Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta. Kelembagaan formal yang ada di Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta diantaranya lembaga penguatan modal (Unit Pelayanan Pengembangan/UPP Bidang Perikanan, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Unit Desa/KUD, Badan Usaha Kredit Perdesaan/BUKP, lembaga kredit dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat/PNPM), lembaga penyuluhan dan lembaga perbenihan (Balai Benih Ikan atau BBI). Kelembagaan non formal yang sudah berfungsi baik yang erat kaitannya dengan program minapolitan diantaranya kelembagaan penyedia input, kelembagaan penyedia modal, kelembagaan pelaku usaha (pembudidaya, pembenih, pendeder), kelembagaan pengolah hasil perikanan, kelembagaan pemasaran ikan, serta kelembagaan penyedia informasi dan teknologi. Peran kelembagaan formal dan informal sangat penting untuk kegiatan budidaya perikanan pada level menengah ke bawah diantaranya untuk menstabilkan harga terutama saat pasokan ikan berlebih, pemenuhan kebutuhan modal, input usaha dan sarana produksi ikan.

Keywords


kelembagaan; minapolitan; perikanan budidaya

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman, 2010. Laporan Akhir Penyusunan Masterplan Minapolitan Kabupaten Sleman.

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 2010. Minapolitan dari Konsep Menuju Implementasi. Jakarta.

Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman. 2009. Profil Perikanan Sleman.

Hartono, Tjahyo Tri dan Taryono Kodiran. 2010. Penguatan Kelembagaan untuk Peningkatan Keberhasilan Usaha dalam Mendukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Kelautan dan Perikanan (Studi Kasus di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat). Bunga Rampai Hasil Riset: Penguatan Kelembagaan dalam Rangka Pengembangan Usaha dan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan. Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Hubeis, A.V.S dan Wasmana, P. 2010. Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Minapolitan. Makalah disampaikan pada Seminar Membangun Minapolitan Berbasis Masyarakat, IPB-Bogor 25 Maret 2010.Bogor.

Menteri Kelautan dan Perikanan. 2010. Revolusi Biru dan Program Nasional Minapolitan. Makalah disampaikan pada Seminar Membangun Minapolitan Berbasis Masyarakat, IPB-Bogor 25 Maret 2010.Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/marina.v7i1.4595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

---------------------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan Oleh:

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan
bekerjasama dengan
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network