Aspek Penting dalam Pengembangan Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan untuk Mendukung Program Industrialisasi Perikanan

Subhechanis Saptanto, Tenny Apriliani

Abstract


Industrialisasi perikanan pada dasarnya merupakan konsep untuk menghasilkan nilai tambah produk perikanan sehingga dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan nelayan dan pelaku usaha perikanan lainnya. Belawan merupakan salah satu sentra pelabuhan perikanan yang penting di Pantai Timur Sumatera, yaitu Pelabuhan Perikanan Samudera (PPSB) Belawan. Tujuan tulisan ini menggambarkan aspek penting dalam pengembangan pelabuhan perikanan samudera Belawan untuk mendukung program industrialisasi perikanan. Penelitian dilakukan pada tahun 2011 di wilayah Belawan, Sumatera Utara. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan metode mail survey dan survey lapang. Metode analisis data menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa aspek penting yang perlu dikembangkan agar PPSB dapat mendukung industrialisasi perikanan seperti infrastruktur, bisnis dan masyarakat, sumberdaya dan tata ruang, teknologi dan pemasaran. Perlu adanya pengkajian kembali larangan impor terhadap komoditas ikan tertentu dalam rangka melindungi nelayan serta keberlanjutan usaha pengimpor dan pedagang.

Keywords


PPS Belawan; industrialisasi perikanan; aspek pendukung

Full Text:

PDF

References


Arwansyah. 2011. Analisa Optimalisasi Produksi Perikanan Di Kota Medan. Jurnal Visi Ekonomi 10 (02).

Dahuri, R. 2003. Kebijakan dan Program Pembangunan Kelautan dan Perikanan Indonesia. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan. 2010. Laporan Tahunan Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan 2010. Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan. Medan.

Rahman, M.R. 2012. Industrialisasi Perikanan Indonesia Butuh Terobosan. (http://www.antaranews.com/berita/299277/indsutrialisasi-perikananindonesia-butuh-terobosan, diakses pada tanggal 2 Maret 2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/marina.v7i2.5761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

---------------------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan Oleh:

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan
bekerjasama dengan
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network