Identifikasi Kebutuhan Input Produksi pada Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias sp) di Kabupaten Boyolali

Nensyana Shafitri, Rani Hafsaridewi

Abstract


Komoditas ikan lele (Clarias sp) menjadi komoditas unggulan program minapolitan di Kabupaten Boyolali. Dalam pengelolaan budidaya ikan lele perlu diperhatikan faktor-faktor input produksi untuk mengoptimalkan capaian produksi yaitu kolam atau lahan, benih/bibit, pakan, tenaga kerja dan permodalan. Makalah ini untuk mengidentifikasi kebutuhan input produksi dan permasalahan pemenuhan kebutuhan input produksi budidaya ikan lele di Kabupaten Boyolali. Survey dilakukan di kawasan minapolitan Kabupaten Boyolali. Data primer diperoleh dengan wawancara melalui pengisian kuesioner dengan informan kunci (key informan) yaitu pembudidaya dan petugas yang membidangi bidang perikanan. Data sekunder didapat dari hasil publikasi lembaga-lembaga yang terkait. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan (1) terdapat kesesuaian media/wadah budidaya dengan komoditas yang dikembangkan (2) input produksi benih dan pakan diperoleh dari luar Kabupaten Boyolali (3) keterlibatan tenaga keja dalam berbagai kegiatan usaha budidaya ikan lele dan bantuan permodalan telah menjangkau pembudidaya. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam pemenuhan kebutuahn input produksi adalah pengembangan kelembagaan input benih dan pakan. Pengembangan kelembagaan input benih dapat dilakukan per skala usaha. Pengembangan kelembagaan input pakan, dapat didorong untuk menjadi produsen dan pemasar pakan ikan buatan berbahan baku lokal. Pelatihan dan pendampingan pembuatan pakan ikan berbahan baku lokal.

Keywords


input; produksi; lele; Boyolali

Full Text:

PDF

References


Afrianto, E dan E. Liviawaty. 2005. Pakan Ikan Pembuatan, Penyimpanan, Pengujian, Pengembangan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Arifin, M.Z. 1991. Budidaya lele. Dohara Prize. Semarang.

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 2010. Konsep Metodologi Riset/ Kajian Minapolitan. Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Bank Indonesia. 2010a. Pola Pembiayaan Usaha Kecil (PPUK) Pembenihan Ikan Lele. Jakarta..

_______. 2010b. Pola Pembiayaan Usaha Kecil (PPUK) Syariah Budidaya Pembesaran Ikan Lele. Jakarta.

Husen, M. 2012. Pentingnya Benih Ikan Bersertifikat. Trobos Media Agribisnis Peternakan dan Perikanan Edisi 20 Desember 2012.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2010. Rencana Strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2010-2014. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

_______. 2011. KKP Keluarkan Program Revolusi Biru.

(http://www.kkp.go.id/index.php/arsip/c/2240/ KKP-Keluarkan-Program-

RevolusiBiru/?category_id=19/02/201, diakses pada tanggal 28 Nopember 2011).

Khairuman dan K. Amri. 2002. Budidaya Lele Secara Intensif. Agro Media Pustaka.Jakarta.

Mudho, Y. 2011. Geliat Ekonomi Boyolali sebagai Kawasan Minapolitan. (http://www.kkp.go.id/index.php/arsip/c/5916/Geliat-Ekonomi-Boyolalisebagai-Kawasan-Minapolitan/?c=siaranpers&category_id=34, diakses pada tanggal 28 Nopember 2011).

Nugroho E. 2007. Kiat Agribisnis Lele Panduan Teknis dan Non Teknis Pembenihan dan Pembesaran. Penebar Swadaya. Depok.

Purnomo, A.H., Y. Hikmayani, Hikmah, E. Reswati, M. Firdaus, H.M. Huda, C.W. Witomo, M.P. Putri, R. Triyanti dan A. Azizi. 2010. Riset Evaluasi Sosial Ekonomi Praktek Pengelolaan Budidaya. Laporan Teknis. Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Saparianto C. 2009. Budidaya Ikan Di Kolam Terpal. Penebar Swadaya. Depok.

Setiawati. 2006. Analisis Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Produksi Industri Pengasapan Ikan di Kota Semarang. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Soekartawi.2003. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. PT. Raja Grafinco Persadan. Jakarta.

Sunarma, A. 2004. Peningkatan Produkstifitas Usaha Lele Sangkuriang (Clarias Sp). Makalah Disajikan pada Balai Budidaya Air Tawar, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan pada tanggal 14 Juli 2004. Sukabumi.

Tahapari, E. 2012. Pembuatan Pakan Ikan Berbahan Baku Lokal. Makalah disampaikan pada acara Pengawalan Teknologi Untuk Peningkatan Kapasitas 16-17 Oktober 2012. Balai Penelitian Pemuliaan Ikan. Sukamandi. Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/marina.v7i2.5763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

---------------------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan Oleh:

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan
bekerjasama dengan
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network