PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE PADA KELOMPOK PENGOLAH DAN PEMASAR HASIL PERIKANAN DI KECAMATAN TALAWI, KABUPATEN BATU BARA

Sobariah Sobariah, Pigoselpi Anas, Dwi Yolanda N.S.

Abstract


Penguasaan strategi pemasaran yang tepat di era digital saat ini, diyakini dapat menjadi solusi terbaik bagi pelaku usaha kuliner skala UMKM guna mensiasati geliat pasar pasca pandemi covid-19. Kondisi ini terpantau pada kegiatan usaha mengolah produk olahan kerupuk ikan tamban dan kerang kupas yang dikelola oleh kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) hasil perikanan yang berada di Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara.  Beberapa waktu sebelumnya, dua poklahsar dengan nama: (a) Mustafa Perkasa Baru, dan (b) Berkah Jihan Group, masih melakukan pemasaran secara tradisional; yang sangat terkendala dengan kurangnya informasi jaringan pemasaran, karenanya dirasakan perlu untuk memperkenalkan strategi pemasaran on-line. Itulah sebabnya tujuan penelitian ini adalah: menerapkan strategi pemasaran online menggunakan media sosial, e-commerce seperti instagram, facebook, dan shopee. Penelitian berlangsung selama tiga bulan dari bualan Maret sampai Juni 2022 di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara. Parameter yang dianalisis berupa aspek  pengetahuan, sikap, keterampilan, aksi penyuluhan menggunakan kuisioner Pre-Test dan Post-test. Hasil penerapan strategi pemasaran online, berupa pemberian label dan kemasan baru memberikan peningkatan peningkatan pendapatan serta produksi selama satu bulan. Aspek pengetahuan meningkat dari nilai 63 menjadi 86. serta dari nilai 61 menjadi 86. Aspek sikap meningkat dari tidak mau menjadi mau.


Keywords


pemasaran online; pengolahan; penyuluhan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.12009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ISSN: 2964-8408

No URL