IMPRESI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM MAGANG BIDANG RISET KELAUTAN DAN PERIKANAN DI LOKA RISET SUMBER DAYA DAN KERENTANAN PESISIR

Guntur Adhi Adhi Rahmawan, Wisnu Arya Gemilang

Sari


Program magang dan pelatihan oleh mahasiswa perguruan tinggi di suatu instansi bertujuan untuk pengembangan kapasitas dan kualitas pendidikan. Tingkat keberhasilan kegiatan magang dan pelatihan diukur berdasarkan evaluasi impresi mahasiswa terhadap instansi lokasi magang. Tujuan dari penelitian terhadap tingkat impresi mahasiswa terhadap program magang bidang riset kelautan dan perikanan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah untuk mengetahui keberhasilan program magang yang disediakan KKP terhadap peserta magang. Penentuan impresi tersebut menggunakan survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden terdiri dari peserta magang (mahasiswa) dan pengguna (pembimbing serta staf pelayanan teknis KKP). Tingkat kepuasan mahasiswa dinilai menggunakan empat dimensi aspek, meliputi aspek tangibles, reliability, assurance dan transparency, sedangkan tingkat kepuasan pengguna menggunakan tiga parameter penilaian yaitu kompetensi profesional, personal dan sosial. Seluruh parameter penentuan tingkat impresi berdasarkan pengisian beberapa pertanyaan melalui kanal googleform. Seluruh hasil pengisian diolah secara statistik dengan metode regresi linear. Tingkap impresi mahasiswa pada aspek tangibles, reliability dan assurance secara umum masuk kategori sangat puas dengan persentase 43,75%, 61,90% dan 53,57%. Pada aspek transparency, responden tertinggi 46,87% memilih kategori puas. Berdasarkan tingkat impresi pengguna magang terlihat bahwa kategori cukup puas mendominasi dari tiga kompetensi yang dinilaikan dengan persentase 60% (kompetensi profesional dan personal), dan 55% pada kompetensi sosial. Variabel kendala pelaksanaan program magang dan pelatihan (X2) dan solusi mengatasi kendala magang dan pelatihan (X3) memiliki peran penting dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dan keberhasilan kegiatan magang mahasiswa di Loka Riset Sumberdaya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP).

 

Workshop and internship programs performed by university students in an institution aim to develop their capacity and quality. The success standard for these programs can be evaluated from students’ impressions of the host institution. Research on the impression level of the internship students in the Ministry of Marine Affairs and Fisheries (MMAF) becomes an effective method to determine the triumph of the programs. A survey with a descriptive qualitative approach has been performed. The respondent comprises of internship participants and users. The student satisfaction level was examined based on tangibles, reliability, assurance, and transparency aspects and for determining user satisfaction, professional, personal, and social aspects were assessed. A Google form survey was used and the data was then analyzed statistically. Generally, students are very satisfied, with a percentage of 43.75%, 61.90%, and 53.57% for tangibles, reliability, and assurance parameters, respectively. Furthermore, for the transparency parameter, students are satisfied, with 46.87%. On the other hand, based on the users, they are sufficiently satisfied, with 60% for professional and personal competencies and 55% for social competency. The “obstacles” (X2) and “solution” (X3) variables played a significant role in the satisfaction of internship and workshop programs at the Coastal Resources and Vulnerability Research Center RICRV.


Kata Kunci


impresi, mahasiswa, magang, riset, kelautan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arisandi, Desi, Maitri Widya Mutiara, and Viny Christanti Mawardi. 2022. “DAMPAK KEGIATAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) MAGANG DAN STUDI INDEPENDEN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni. doi: 10.24912/jmishumsen.v6i1.16163.2022.

Bahri, Syamsul, Merta Simbolon, and Abraham Laurens Rettob. 2021. “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Online Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Miring.” ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. doi: 10.29313/ethos.v9i2.7075.

Dewanto, Aji Cokro. 2018. “Efektivitas Ppl Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika.” Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6(1):1. doi: 10.31941/delta.v6i1.662.

Fauziah, Aulia, Ahmad Riyadi, and Nurul Hamidah. 2019. “Pengaruh Mutu Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa Di MIS Mathlail Khoir Kecamatan Bojong Gede Bogor.” Jurnal Dirosah Islamiyah I(1):1–18. doi: 10.17467/jdi.v4i1.631.

Haliq, Ridhwan, Ria Adha Sulistyowati, and Nasrul Millah. 2020. “Analisis Kepuasan Dan Kebutuhan Pengguna Lulusan Institut Teknologi Kalimantan Dengan Menggunakan Metode Rating Scale.” Jurnal Vokasi Indonesia 8(2):103–11. doi: 10.7454/jvi.v8i2.198.

Hanadya, Dwi, Nyayu Ully Auliana, and M. Bambang Purwanto. 2022. “Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Di Politeknik Darussalam Palembang.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA).

Hanum, Zubaidah. 2020. “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan Terhadap Lulusan Pendidikan Vokasi (Studi Kasus Lulusan Politeknik Lp3I Medan).” Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA) 9(1):27–39. doi: 10.34010/jika.v9i1.2329.

Hayati. 2021. “Evaluasi Peserta Magang Di Instansi Pemerintahan Dengan Metode Bekerja Di Rumah (Studi Kualitatif Sebagai Persiapan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka).” Jp3Sdm.

Ismail, Ismail, Hasan Hasan, and Musdalifah Musdalifah. 2018. “Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 2(1):124–32. doi: 10.33487/edumaspul.v2i1.48.

Kisworo, Bagus, U. Utsman, I. Ilyas, and Siswanto Yudi. 2018. “Kepuasan Mahasiswa Dan Pengguna Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang.” Journal Of Nonformal Education and Community Empowerment 2(2):150–56.

Labaso, Syahrial. 2019. “Penerapan Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di MAN 1 Yogyakarta.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2):289–311. doi: 10.14421/manageria.2018.32-05.

Loba, Yulio Ayub, Emanuel Paihaf Hafum, and Dafid Irawan. 2021. “Pelaksanaan Program Magang MBKM: Proyek Peningkatan Kapasitas Drainase Ke Kali Porong.” in Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH).

Lucky Radi Rinandiyana, Tine Badriatin, Noneng Masitoh, Andri Helmi Munawar, Rini Muflihah, Sri Sudiarti, Dede Aji Mardani, and Fuzi Waliyul Mujtahidin. 2021. “Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Magang Online Saat Pandemi Covid 19.” BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT. doi: 10.30656/ps2pm.v3i1.3314.

M Dayat. 2019. “Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan.” Jurnal Mu’allim 1(2):299–218. doi: 10.35891/muallim.v1i2.1629.

Marthalina. 2018. “Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Kepuasan Mahasiswa Di Ipdn Kampus Jakarta.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia 5(1):1–18.

Muflih, M. 2021. “Kepuasan Industri Keuangan Syariah Terhadap Kinerja Mahasiswa Magang Perguruan Tinggi: Analisis Teori Ekspektasi-Diskonfirmasi.” JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan … 5(1):13–22. doi: 10.26740/jpeka.v5n1.p13-22.

Neswardi, Sepri, Eva Yoyet, Ika Yuanita, and Iwadiah Iwadiah. 2022. “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Padang.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. doi: 10.54371/jiip.v5i3.494.

Puspa Setia Pratiwi. 2022. “Perancangan Sistem Rekomendasi Berbasis Model Ontologi Untuk Rekomendasi Tempat Magang Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Indonesia 7(2):7645–54.

Salsabila, Hannum Azkazy, and Iriyadi Iriyadi. 2020. “Evaluasi Atas Penerapan Sistem Informasi Akademik Dan Keuangan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa.” JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) 4(2):137. doi: 10.36339/jaspt.v4i2.348.

Stepanili, Dwitri, Chaerul Rochman, and Bambang Samsul. 2019. “Analisis Ketercapaian Indikator Standar Proses Di Sekolah Menengah Pertama.” ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian). doi: 10.29313/ethos.v7i2.4576.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v10i2.14758

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by