Analisis Pengaruh Kecepatan Putaran Mesin Induk Terhadap Temperatur Air Pendingin Dalam Mendukung Kinerja Pada Kapal Arkona
Abstract
Dalam mendukung pelayanan pelayaran di Nusa Tenggara Timur khususnya untuk penyeberangan Adonara dan Larantuka, Kapal Arkona harus didukung dengan mesin induk dengan sistem pendingin yang baik. Peranan sistem pendingin mesin induk ini sangat penting. Kinerja dari sistem pendingin ini dapat dilihat dari proses mensirkulasikan panas dari mesin ke media pendingin dengan temperatur yang sesuai. Metode deskriptif analitik dipergunakan dalam mendukung kegiatan penelitian ini, didukung dengan observasi, wawancara, Uji Distribusi Frekuensi, dan Uji Friedman. Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kecepatan putaran mesin induk dan temperatur air pendingin pada Kapal Arkona. Semakin besar putaran mesin induk, maka semakin naik suhu air pendingin. Hasil Uji Friedman dengan melakukan enam kali pengukuran didapatkan juga hasil bahwa dari seluruh parameter tidak ditemukan hasil yang berbeda pada seluruh hasil pengukuran, dengan nilai p>0,05. Berdasarkan data ini dapat dinyatakan bahwa temperatur air pendingin pada masih berada pada batas normal. Untuk menjaga kinerja sistem pendingin pada Kapal Arkona dapat dilakukan perawatan dengan cara mengontrol air pendingin pada tangki, pemeriksaan sirkulasi air pendingin, menjaga pompa air laut dari karatan, membersihkan filter atau saringan dari kotoran-kotoran, dan menjaga pompa air tawar dari kotoran.
In supporting shipping services in East Nusa Tenggara, especially for crossings between the Adorana and Larantuka Regions, the Arkona Ship must be supported by a main engine with a good cooling system. The role of the main engine cooling system is very important. The performance of this cooling system can be seen from the process of circulating heat from the engine to the cooling medium at the appropriate temperature. The analytical descriptive method was used to support this research activity, supported by observation, interviews, Frequency Distribution Test, and Friedman Test. The results show that there is a relationship between the main engine rotation speed and the cooling water temperature on the Arkona Ship. The greater the rotation of the main engine, the higher the temperature of the cooling water. The results of the Friedman test by carrying out six measurements also showed that all parameters found no different results in all measurement results, with a value of p> 0.05. Based on these data it can be stated that the cooling water temperature is still within normal limits. To maintain the performance of the cooling system on the Arkona Ship, maintenance can be carried out by controlling the cooling water in the tank, checking the cooling water circulation, keeping the sea water pump from rusting, cleaning the filter or filters from dirt, and keeping the fresh water pump from dirt.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Puji Nugroho, Darjono, & Okvita Wahyuni. (2018). Pengaruh Pengabutan Bahan Bakar Terhadap Kualitas Pembakaran Pada Mesin Induk Di M. Bauhinia. Dinamika Bahari, 9(1). https://doi.org/10.46484/db.v9i1.88
Budiyanto, L., & Suryaningsih, E. I. (2021). Pengaruh Putaran Mesin Induk (RPM) Kapal Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin DieseL 31990 KW. Prosiding Kemaritiman.
Djeli, M. Y., & Saidah, A. (2016). Pengaruh Temperatur Pendingin Mesin terhadap Kinerja Mesin Induk di KM TRIAKSA. Seminar Nasional TEKNOKA.
Eko, R. (2019). Perawatan Dan Perbaikan Sistem Pendingin Air Tawar Pada Mesin Induk Di Kapal Motor. Mahkota Nusantara. Karya Tulis, 2.
Galang, R. (2020). Sistem Pengoperasian Dan Perawatan Air Pendingin Untuk Menunjang Mesin Induk Di Tb. Alim Ii Pt Kaltim Shipyard Samarinda. KARYA TULIS.
Hartaya, H., Susanto, J. D., Ridwan, M., & Halomoan Hutasoit, S. P. (2022). Upaya Mengatasi Menurunnya Putaran Mesin Induk Guna Menunjang Kelancaran Operasi Pada Kapal MV. HIPPO. Meteor STIP Marunda, 15(2). https://doi.org/10.36101/msm.v15i2.253
Lode, E. A., Samsuddin, S., & Musa, L. (2020). Analisis Meningkatnya Temperatur Pendingin Air Tawar Pada Mesin Induk Di MT. Bull Flores. Jurnal Karya Ilmiah …, 04(01).
Mustain, I. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1). https://doi.org/10.37612/gemamaritim.v22i1.48
Nugraha, I. M. A., Idrus, M. A., Luthfiani, F., & Malelak, F. Y. (2022). Fuel Consumption Analysis On The Putra Makmur 86 Vessel. Jurnal Megaptera, 1(1), 1. https://doi.org/10.15578/jmtr.v1i1.11505
Nugraha, I. M. A., Rajab, R. A., & Rasdam, Rasdam. (2021). Peningkatan Kegiatan Dinas Jaga Mesin pada Pengoperasian Mesin Penggerak Utama pada KM. Hasil Melimpah 18. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 5(4). https://doi.org/10.46252/jsai-fpikunipa.2020.Vol.5.No.4.179
Pongkessu, P., Pesulima, Y., Nari, H. P., & Sirman, A. M. (2018). Analisis Pengaruh Perubahan Temperatur Air Pendingin Terhadap Kinerja Fresh Water Cooler Pada Mesin Induk Di Kapal MV. Kalla Lines XV. Jurnal VENUS, 6(12).
Rachman, A., Bagaskoro, & Rizki, G. (2020). Optimalisasi Perawatan Kompresor Udara Guna Menunjang Operasional Mesin Induk Di Kapal MT Java Palm. Meteor STIP Marunda, 13(2). https://doi.org/10.36101/msm.v13i2.154
Ridwan, M., Sijabat, P., Manurung, M. Y., & Nofandri, G. (2020). Analisis Tingginya Suhu Sistem Pendingin Pada Generator Guna Kelancaran Operasional Di Kapal KM. Pulau Layang. Meteor STIP Marunda, 13(2). https://doi.org/10.36101/msm.v13i2.152
Sa’id, S. D. (2011). Analisis Efisiensi Pemakainan Bahan Bakar Mesin Induk Kapal Purse Seiner Di Pelabuhan Pendaratan Nusantara Pekalongan. Gema Teknologi, 16(2). https://doi.org/10.14710/gt.v16i2.22135
Sitompul, A. M., Effendi, & Adisurya, D. (2021). Analisis Penurunan Performa Sistem Pendingin Main Engine Guna Kelancaran Pengoperasian Kapal MT. Medelin Expo. Meteor STIP Marunda, 14(1). https://doi.org/10.36101/msm.v14i1.179
Sroyer, D. W., Abrori, M. Z. L., & Sidhi, S. D. P. (2019). Perawatan Fresh Water Cooler Pada Sistem Pendinginan Mesin Diesel Penggerak Generator Listrik Di Kapal Navigasi Milik Distrik Navigasi Kelas I Ambon. Aurelia Journal, 1(1). https://doi.org/10.15578/aj.v1i1.8845
Yando, M., Kusumaningrum, S., & Akbara, N. R. (2021). Analisis Pengaruh Tekanan Pompa Pendingin Air Laut Terhadap Fresh Water Cooler Mesin Induk MV. Ibrahim Zahier. Meteor STIP Marunda, 14(1). https://doi.org/10.36101/msm.v14i1.182
Ziliwu, B. W. (2022). Studi Konsumsi Bahan Bakar Solar Pada Mesin Induk Km. Fortuna. Machine : Jurnal Teknik Mesin, 8(2). https://doi.org/10.33019/jm.v8i2.3015
Ziliwu, B. W., Musa, I., Hutapea, R. Y. F., & Ziddin, H. (2020). Penggunaan Mesin Induk Pada Alat Tangkap Purse Seine di KM. Surya Jaya. Aurelia Journal, 2(1). https://doi.org/10.15578/aj.v2i1.9201
Ziliwu, B. W., Musa, I., Priharanto, Y. E., & Tono, T. (2021). Perawatan Dan Pengoperasian Sistem Pendingin (Heat Exchanger) Pada Mesin Induk Kapal Km. Sido Mulyo Santoso Di Ppn Sibolga. Aurelia Journal, 2(2). https://doi.org/10.15578/aj.v2i2.9533
Ziliwu, B. W., Situmorang, A. J., & Rambung, R. A. (2021). Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin Mesin Induk Pada Kapal Perikanan. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 26(1). https://doi.org/10.31258/jpk.26.1.1-6
DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jmtr.v2i1.12983
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang
Jl. Kampung Baru, Pelabuhan Ferry Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, 85351

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




 
 
 
