DATA ANALISIS MEDIA SOSIAL TWITTER PUSAT RISET PERIKANAN

Nasrul Rizal A. Lubis, Arief Gunawan, suyatno suyatno

Sari


ABSTRAK

 

Data analisis media sosial Twitter adalah proses pengumpulan, pemrosesan, dan analisis data yang berkaitan dengan penggunaan platform Twitter. Tujuan dari analisis ini adalah untuk memahami tren dan pola perilaku pengguna Twitter, serta untuk mendapatkan wawasan tentang opini publik, preferensi konsumen, dan pengaruh sosial yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis, pemasaran, riset, dan kebijakan publik. Metode analisis media sosial Twitter melibatkan penggunaan algoritma dan teknik statistik untuk mengumpulkan dan mengolah data Twitter, seperti penggunaan hashtag, kata kunci, lokasi, retweet, dan like. Selain itu, metode analisis ini juga melibatkan penggunaan teknik machine learning untuk mengklasifikasikan tweet ke dalam kategori tertentu, seperti sentimen, topik, dan pengguna. Hasil analisis media sosial Twitter dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk berbagai tujuan. Misalnya, bisnis dapat menggunakan hasil analisis untuk memahami preferensi konsumen dan merancang kampanye pemasaran yang lebih efektif. Pemerintah dan lembaga publik dapat menggunakan hasil analisis untuk memahami opini publik dan merancang kebijakan publik yang lebih efektif. Sedangkan peneliti dapat menggunakan hasil analisis untuk memahami tren dan pola perilaku pengguna Twitter dan membangun teori sosial yang lebih baik. Selama tahun 2023 akun twitter PUSRISKAN melakukan postingan sebanyak 62 postingan dengan jumlah like sebanyak 545 dengan rata-rata perbulan sebanyak 45 like. Like terbanyak terjadi pada bulan Juni dengan 72 like dan terendah di bulan Desember dengan 16 like.

 

ABSTRACTS

 

Twitter social media analysis data is the process of collecting, processing and analyzing data related to the use of the Twitter platform. The goal of this analysis is to understand about trends and patterns in Twitter user behavior, as well as to gain insights into public opinion, consumer preferences, and social influence that can be used for business, marketing, research, and public policy purposes. Twitter social media analysis methods involve the use of algorithms and statistical techniques to collect and process Twitter data, such as hashtag usage, keywords, location, retweets, and likes. In addition, this analysis method also involves the use of machine learning techniques to classify tweets into certain categories, such as sentiment, topic, and user. The results of Twitter social media analysis can provide useful information for various purposes. For example, businesses can use analysis results to understand consumer preferences and design more effective marketing campaigns. Governments and public institutions can use the results of analysis to understand public opinion and design more effective public policies. Meanwhile, researchers can use the results of the analysis to understand trends and behavioral patterns of Twitter users and build better social theories. During 2023, Research Center for Fisheries Twitter account posted 62 posts with a total of 545 likes, with a monthly average of 45 likes. The most highest in June with 72 likes and the lowest in December with 16 likes.

 


Kata Kunci


Twitter; media sosial, Pusat Riset Perikanan;Twitter, social media, Research Center for Fisheries

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v10i1.14635

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by