PERPUSTAKAAN ELEKTRONIK (E-LIBRARY) MENGGUNAKAN CALIBRE

Dani Saepuloh

Sari


ABSTRAK

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi tesebut melalui perangkat digital. Layanan ini diharapkan dapat  mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi obyek informasi seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat, dan akurat. Perpustakaan digital itu tidak berdiri sendiri, melainkan terkait dengan sumber-sumber lain dan pelayanan informasinya terbuka bagi pengguna di seluruh dunia. Koleksi perpustakaan digital tidaklah terbatas pada dokumen elektronik pengganti bentuk cetak saja, ruang lingkup koleksinya malah sampai pada artefak digital yang tidak bisa digantikan dalam bentuk tercetak. Koleksi menekankan pada isi informasi, jenisnya dari dokumen tradisional sampai hasil penelusuran. Perpustakaan ini melayani mesin, manajer informasi, dan pemakai informasi. Semuanya ini demi mendukung manajemen koleksi, menyimpan, pelayanan bantuan penelusuran informasi.


ABSTRACT

E-library is a system that provides some services and information and supports  information access through digital tools. These services are expected to simplify information searching in the data collection such as document, diagrams, and database in digital format becoming more quickly, pricisely and accurately. E-library does not stand alone but is related to other resources which is open-accessed to user worldwide. E-library collection is not only limited to an electronic document as a substitution of a hardcopy document, but is also encompassing a digital artefact that can not be replaced in printed format. The collection is emphasizing on the information contents, traditional document types, and searching results. This library serves engine, information manager, as well as information user. All this concept will support collection management, storage, service and information searching

Kata Kunci


Perpustakaan Elektronik; Elektronic Library; Koleksi; Calibre

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Calibre User Manual, diakses pada tanggal 25 mei 2012, http://manual.calibre-ebook.com

Buxbaum, ahari. 2004. Library Services. Jakarta: Murni Kencana

http://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_digital. Diakses pada tanggal 5 Juli 2012

Muchyidin, Suherlan. Mihardja, Iwa D Sasmita. 2008. Perpustakaan. Bandung: PT Puri Pustaka

Schember, John. 2011. Calibre Quick Start Guiede. Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License.

Sinaga, Dian. 2007. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi Media Utama,

Sulistyo. Basuki. 1994. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyo. Basuki. 1994. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumpeno, Wahyudin. 1994. Perpustakaan Mesjid. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v2i2.3253

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by