ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERIKANAN BUDIDAYA

Erny puspa

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap pelayanan pada perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya. Variabel penelitian terdiri dari koleksi, sirkulasi, tenaga perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan angket. Sampel terdiri 40 resonden, teknik pengambilan sampling dilakukan secara accidental. Analisis pengukuran data menggunakan skala likert dengan penghitungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepuasan terhadap koleksi diperoleh skor rata rata 2,92 (cukup puas),  pada tingkat kepuasan terhadap layanan perpustakaan diperoleh skor rata rata 3.30 (cukup puas),  pada  tingkat kepuasan terhadap petugas perpustakaan diperoleh skor rata rata 3.64 (puas) dan pada tingkat kepuasan sarana prasarana diperoleh skor rata rata 3.38 (cukup puas). Hasil rekapitulasi semua variabel diperoleh skor 3.31 berada pada skala interval 2.62-3.42 menunjukkan hasil kepuasan pemustaka terhadap pelayanan perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya cukup memuaskan

ABSTRACT

The purpose of this research is to know the visitors’ satisfaction level of Puslitbangkan Budidaya library services. Research  consist of collection, circulation, Library workers, and Library’s facilities and infrastructures. The research method is Descriptive Quantitative with data collection techniques through observations, literature review and questionnaires. Samples consist of 40 respondent, sampling techniques are done accidentally. Data measurement is using Likert scale with score calculations. The result for visitors’ satisfactions of library’s collection is 2,92 (adequately content). The result for visitors’ satisfaction to library’s circulation service is 3,3 (adequate). The result for visitors' satisfaction of library's worker is 3,5 and visitors’ satisfaction of library's facilities and infrastructures is 3.64 (adequate). Recapitulation result of all the variables is 3.32 within the scale 2.62-3.42 intervals shows library’s visitors' satisfaction to  Puslitbangkan Budidaya library services is adequate


Kata Kunci


kepuasan pemustaka; pelayanan perpustakaan;analisis kepuasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta, Jakarta

Badan Standar Nasional RI, 2009, Standardisasi nasional Indonesia untuk perpustakaan khusus instansi pemerintah, Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Basuki, Sulistyo. 1993, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Gramedia, Jakarta

Darmono,2001. Manajemen Perpustakaan, Grasindo Eastwood, Jakarta

Darmono, 2007, Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Suatu Aspek Manajemen dan Tata Kerja, Gramedia Widiasmara Indonesia, Jakarta

Dwijati, S., 2006, Upaya meningkatkan kualitas jasa layanan informasi di perpustakaan. Buletin Perpustakaan UNAIR Surabaya 1(2): 58-63.

Hasugian, Jonner, 2009. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan: USU Press, Medan

Hermawan,Rachman & Zulfikar Zen, 2006, Jenis-Jenis Pelayanan Informasi Perpustakaan: Referensi untuk Perpustakaan Sekolah, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Kotler, P., 1999, Manajemen pemasaran di Indonesia. Edisi 1, Salemba Empat, Jakarta

Lasa, HS., 2005, Manajemen Perpustakaan, Gama Media, Yogyakarta

Nugraha, Aries Setya, 2004, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP kelas VII, Erlangga, Jakarta

Purnomowati, S., 2000, Mengukur kinerja perpustakaan. BACA 25(3&4): 61-67.

Rahayuningsih, F., 2007, Pengelolaan Perpustakaan, Graha Ilmu, Yogyakarta

Riyanto, Agus, dkk. 2004, Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Perpustakaan Pascasarjana Universitas Gadjahmada Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. II No. 1.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cet. 8, Alfabeta, Jakarta

Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Gramedia, Jakarta

Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar Ilmu perpustakaan, Gramedia, Jakarta

Suharto, Adib., 1997, Pengantar Otomasi Perpustakaan : Materi Kursus Perpustakaan PSKP Soegijapranata, Semarang

Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan Cet. 2, Sagung Seto, Jakarta

Suwarno, W, 2009, Psikologi Perpustakaan, Sagung Seto, Jakarta

Tjiptono, F., 2002, Manajemen Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v2i2.3256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by