ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERIKANAN BUDIDAYA
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap pelayanan pada perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya. Variabel penelitian terdiri dari koleksi, sirkulasi, tenaga perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan angket. Sampel terdiri 40 resonden, teknik pengambilan sampling dilakukan secara accidental. Analisis pengukuran data menggunakan skala likert dengan penghitungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepuasan terhadap koleksi diperoleh skor rata rata 2,92 (cukup puas), pada tingkat kepuasan terhadap layanan perpustakaan diperoleh skor rata rata 3.30 (cukup puas), pada tingkat kepuasan terhadap petugas perpustakaan diperoleh skor rata rata 3.64 (puas) dan pada tingkat kepuasan sarana prasarana diperoleh skor rata rata 3.38 (cukup puas). Hasil rekapitulasi semua variabel diperoleh skor 3.31 berada pada skala interval 2.62-3.42 menunjukkan hasil kepuasan pemustaka terhadap pelayanan perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya cukup memuaskan
ABSTRACT
The purpose of this research is to know the visitors’ satisfaction level of Puslitbangkan Budidaya library services. Research consist of collection, circulation, Library workers, and Library’s facilities and infrastructures. The research method is Descriptive Quantitative with data collection techniques through observations, literature review and questionnaires. Samples consist of 40 respondent, sampling techniques are done accidentally. Data measurement is using Likert scale with score calculations. The result for visitors’ satisfactions of library’s collection is 2,92 (adequately content). The result for visitors’ satisfaction to library’s circulation service is 3,3 (adequate). The result for visitors' satisfaction of library's worker is 3,5 and visitors’ satisfaction of library's facilities and infrastructures is 3.64 (adequate). Recapitulation result of all the variables is 3.32 within the scale 2.62-3.42 intervals shows library’s visitors' satisfaction to Puslitbangkan Budidaya library services is adequate
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta, Jakarta
Badan Standar Nasional RI, 2009, Standardisasi nasional Indonesia untuk perpustakaan khusus instansi pemerintah, Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.
Basuki, Sulistyo. 1993, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Gramedia, Jakarta
Darmono,2001. Manajemen Perpustakaan, Grasindo Eastwood, Jakarta
Darmono, 2007, Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Suatu Aspek Manajemen dan Tata Kerja, Gramedia Widiasmara Indonesia, Jakarta
Dwijati, S., 2006, Upaya meningkatkan kualitas jasa layanan informasi di perpustakaan. Buletin Perpustakaan UNAIR Surabaya 1(2): 58-63.
Hasugian, Jonner, 2009. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan: USU Press, Medan
Hermawan,Rachman & Zulfikar Zen, 2006, Jenis-Jenis Pelayanan Informasi Perpustakaan: Referensi untuk Perpustakaan Sekolah, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Kotler, P., 1999, Manajemen pemasaran di Indonesia. Edisi 1, Salemba Empat, Jakarta
Lasa, HS., 2005, Manajemen Perpustakaan, Gama Media, Yogyakarta
Nugraha, Aries Setya, 2004, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP kelas VII, Erlangga, Jakarta
Purnomowati, S., 2000, Mengukur kinerja perpustakaan. BACA 25(3&4): 61-67.
Rahayuningsih, F., 2007, Pengelolaan Perpustakaan, Graha Ilmu, Yogyakarta
Riyanto, Agus, dkk. 2004, Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Perpustakaan Pascasarjana Universitas Gadjahmada Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. II No. 1.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cet. 8, Alfabeta, Jakarta
Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Gramedia, Jakarta
Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar Ilmu perpustakaan, Gramedia, Jakarta
Suharto, Adib., 1997, Pengantar Otomasi Perpustakaan : Materi Kursus Perpustakaan PSKP Soegijapranata, Semarang
Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan Cet. 2, Sagung Seto, Jakarta
Suwarno, W, 2009, Psikologi Perpustakaan, Sagung Seto, Jakarta
Tjiptono, F., 2002, Manajemen Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v2i2.3256
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)
Sekretariat Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Index by