ANALISIS FAKTOR PRODUKSI BUDIDAYA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI TAMBAK HDPE (High Density Polyethilene) PULOKERTO PASURUAN

Dewi Alima Nostalia Suseno, Buyung Purnomo Waluyo, Sugeng Rahardjo, Djoko Surahmat, Bambang Supriyadi, Bowo Priono

Abstract


ABSTRAK

Udang vanamei memiliki keunggulan untuk kegiatan budidaya udang antara lain, responsif terhadap pakan/nafsu makan yang tinggi, lebih tahan terhadap serangan penyakit di kualitas lingkungan yang buruk pertumbuhan lebih cepat, serta tingkat kelangsungan hidup tinggi. Pada masa ini pelaku bisnis berlomba-lomba menemukan cara baru untuk mengoptimalkan proses bisnis yang dimilikinya dalam memenangkan persaingan global. Guna pengembangan usaha budidaya tambak udang vannamei di masa yang akan datang maka dipandang perlu untuk melakukan suatu analisis guna keberlanjutan kegiatan usaha tersebut. Penelitian ini akan dilakukan di satu lokasi tambak, yaitu di tambak Pulokerto Pasuruan, milik Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, dengan menggunakan metode deskriptif. Penetlitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor produksi dan efisiensi harga produksi budidaya udang vannamei, dengan menggunakan 8 variabel bebas, yakni luas lahan (X1), benur (X2), pakan 1(X3), pakan 2 (X4), pakan 3 (X5), supplement (X6), probiotik (X7), tenaga kerja (X8). Hasil analisa yang diperoleh dengan menggunakan SPSS  yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan produksi budidaya vannamei yakni X1, X2, X3, dan X5. Hasil yang diperoleh dari analisis efisiensi harga produksi yakni X1 tidak efisien, sedangkan X2, X3, dan X5 belum efisien.


Keywords


udang vannamei, efisiensi udang vannamei, faktor produksi udang vannamei

Full Text:

PDF

References


Anwar, S., Arief, M., dan Agustono. 2016. Pengaruh Pemberian Probiotik Komersial Pada Pakan Terhadap Laju Pertumbuhan Dan Efisiensi Pakan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Journal of Aquaculture and Fish Health Vol 5 No.2.

Apriliya F.C., Katika P.S., M.Rahadian, Pingky S.R., Rahmadani E.R., Taufik F., Viko Basmalah W., Wachid D.S. 2013. Analisis Kelayakan Teknologi Informasi menggunakan Metode Cost Benefit Analysis dengan Microsoft Excel. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Baliao D, dan Siri T. 2002. Manajemen Budidaya Ramah Lingkungan di Daerah Mangrove. www.asianfisheriessociety.org

Buwono, I. D. 2005. Tambak udang Windu Sistem Pengelolaan Berpola Intensif. Kanisius. Yogyakarta.35-106.

Julisa, S., Lovelly, dan Dahen, D. 2016. Pengaruh Modal, Luas Kolam, Dan Pengalaman Terhadap Pendapatan Petani Ikan Air Tawar Di Nagari Taruangtaraung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Sumbar.

Marani, LotarMateus (2014) Pengaruh Penambahan Vitamin C Sebagai Suplemen Pakan Terhadap Kelulushidupan Udang Vaname (Litopanaeus Vannamei. thesis, Universitas Brawijaya.

Musianto.2002. Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 4, No. 2, September 2002: 123 – 136.

Purnamasari, I., Purnama, D., dan Utami, M.A.F.2017. Pertumbuhan Udang Vaname (Litopaneus vannamei) di Tambak Intensif. Jurnal Enggano Vol. 2, No. 1, April 2017:58-67 58. EISSN: 2527-5186.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/chanos.v19i1.9600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Chanos chanos

-----------------------------------------------------------------

Jurnal Penelitian Chanos Chanos
Published by Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo

-----------------------------------------------------------------

Already Indexing:

    

-----------------------------------------------------------------

Lisensi Creative Commons
All published articles are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


-----------------------------------------------------------------

EDITORIAL OFFICE: