EVALUASI MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN TERHADAP KERAGAAN (SINTASAN, LAJU PERTUMBUHAN) LARVA IKAN SYNODONTIS, Synodontis eupterus

Asep Permana, Rendy Ginanjar, Agus Priyadi, Leliana Junitasari

Abstract


Rendahnya sintasan larva yang terjadi pada saat peralihan pakan, merupakan salah satu faktor yang menyebabkan produksi dari ikan Synodontis belum maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan jenis pakan yang tepat pada saat peralihan pakan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan dan sintasan larva synodontis (Synodontis eupterus). Ikan uji yang digunakan adalah larva synodontis berumur 13 hari (D13) dengan rerata panjang 0,67 cm dan bobot 0,003 g, yang dipelihara pada 12 unit akuarium berukuran 40x25x20 cm3 selama 7 hari dan diberi perlakuan manajemen pemberian pakan, antara lain A. Artemia sp (3x sehari) ; B. Artemia sp (2x sehari) dan  Tubifex sp. (1x sehari); C. Tubifex sp (2x sehari) dan Artemia sp. (1 x sehari)  dan D. Tubifex sp. (3x sehari) diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata pertambahan berat (g) tertinggi diperoleh pada perlakuan D sebesar 0,0117 ± 0,0031 g. Nilai rerata berat akhir larva synodontis tertinggi diperoleh pada perlakuan D sebesar 0,0147 ± 0,0025 g. Pertumbuhan panjang mutlak (cm) larva synodontis dengan nilai rataan tertinggi diperoleh pada perlakuan D sebesar 0,43 ± 0 cm dengan panjang akhir rataan sebesar 1,1 ± 0 cm. Sedangkan untuk sintasan (%) larva synodontis tertinggi diperoleh pada perlakuan A yakni sebesar 99,56% ± 0,77.


Keywords


larva; Synodontis; manajemen pemberian pakan; sintasan; pertumbuhan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats